Minggu, 05 Februari 2017

TOP TRAVEL 2: Jangan Coba Tidur di Lobi Gedung Ini, jika Ogah Disatroni Hantu Tentara Belanda

MESKI penjajahan Belanda sudah berakhir sejak tahun 1945, namun sejarah dan legenda masih melekat hingga sekarang dengan kehadiran gedung-gedung tua di Ibu Kota.

Gedung-gedung tua di Jakarta kini memiliki beragam fungsi, ada yang digunakan sebagai perkantoran, museum, bahkan ada juga yang tidak diurus dan dibiarkan terbengkalai. Tetapi, tak hanya cerita sejarah saja yang diceritakan dari masa lalu, kisah mistis juga melekat di pilar-pilar gedung tua tersebut.

Pasti sudah tidak sabar deh mendengar kisah mengerikan? Intip aja yuk penelusuran Okezone, berikut ini :

 

Jika Anda menyambangi Kawasan Budi Utomo Jakarta Pusat pasti akan melihat sebuah gedung putih yang berserbangan dengan Gedung Kementrian Keuangan. Ya, itulah Gedung Kimia Farma.

Gedung bercat putih ini menyimpan legenda dari zaman penjajahan Belanda. Awalnya, gedung yang dibangun dari tahun 1848 kemudian dijadikan tempat sembahyang orang Yahudi dan juga perkumpulan anggota Freemason.

Dulunya tempat perkumpulan ini disebut oleh De Ster in Het Oosten. Namun, banyak disebut sebagai "gedung setan" konon banyak cerita mereka di sana melakukan pemujaan setan atau disebut dengan loji, dan anehnya lagi pengunjung yang datang selalu menyimpan rahasia mengenai aktivitas di dalamnya.

Di sana orang-orang ketika beribadah juga memakai jubah aneh seperti di dalam film horor. Dan, tak ada yang memahami ibadah yang dilakoni anggota tersebut.

"Dulu juga sebagai tempat pembantaian orang Belanda di sini," jelas Umar sebagai penjaga keamanan yang sudah bekerja selama 7 tahun di sana.

Kemudian, di tahun 1929, para tokoh sumpah pemuda menjadikan gedung ini sebagai tempat pertemuan pertama kalinya untuk merumuskan sumpah pemuda. Tetapi sekarang gedung sudah resmi jadi milik Kimia Farma. Dikarenakan untuk mempertahankan gedung tentu sudah bukanlah pekerjaan mudah

Ya, namanya juga gedung lama enggak hanya sejarah saja yang ditemukan di sana. Kisah mistis juga santer banget ditemukan meski bentuk bangunan sudah modern. Di area lobi, Anda akan melihat pilar-pilar megah dan tinggi. Tetapi, di sinilah kisah mistis itu hadir.

"Dari dulu enggak boleh tidur di depan pintu tengah itu, karena akan ada tentara Belanda yang masuk saat malam hari," jelas Umar.

Ternyata kejadian itu bukanlah mitos semata, rekan Umar dulu pernah berani tidur di loby. Dan benar saja, katanya ada sepatu raksasa yang hendak menginjak wajahnya, orang tersebut kemudian kabur dan tidak kembali.

"Kalau di bagian dalam di kamar mandi tuh, ada none Belanda. Dia suka pakai busana merah dan mengaca tapi pas dilihat ke kaca wajahnya enggak terlihat," tuturnya. Mendengarnya saja akan membuat bulu merinding sekali. Terutama, Umar menuturkan jika di bagian atap ada sebuah rangka kuno dan ini menjadi tempat mistis juga

"Dulu ada tukang AC dia merokok di bawah rangka langsung ada orang hitam besar sekali dan tinggi menghantamnya," tuturnya

Namun, Umar mengaku tidak pernah merasakan melihat penampakan. Tetapi, rekan atau pekerja sempat diganggu dan ditampakkan. Berani coba?                                          

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search