Rabu, 14 Desember 2016

Sejarah Hari Ini (14 Desember): Kisah Awal Romantisme Real Madrid & Santiago Bernabeu

OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter

APA MOMEN BERSEJARAH HARI INI?

Santiago Bernabeu resmi menggelar laga perdana Real Madrid pada 14 Desember 1947 silam, yang pada perjalanannya menjadi markas kebesaran klub asal ibu kota Spanyol tersebut hingga saat ini.

INI MOMEN PENTING KARENA...

Stadion bernama Nuevo Estadio Chamartín pada mulanya tersebut mengawali kisah romantisme kesuksesan bersama pasukan Los Blancos dengan menggelar laga uji coba melawan klub Portugal, Os Beleneses.

Awalnya, stadion yang memiliki alamat lengkap di Av. de Concha Espina 1, 28036 Madrid tersebut dibangun dengan kapasitas untuk menampung 75,145 penonton, dengan 27,645 kursi dan 47,500 untuk tribun berdiri.

Mantan penyerang Madrid, Sabino Barinaga mencatatkan namanya di buku sejarah klub dengan menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Bernabeu, dalam laga uji coba melawan Beleneses yang berakhir dengan kemenangan 3-1 bagi Los Merengues.

Perubahan nama menjadi Santiago Bernabeu baru terjadi pada 4 Januari 1955 silam, kala itu majelis anggota klub memutuskan untuk mengganti nama stadion dengan nama presiden klub yang tengah aktif menjabat dalam rangka dalam rangka pernghotmatan khusus.

Tiga arsitek ditunjuk secara khusus untuk merancang desain stadion yang menjadi ikon kebanggan klub yakni Manuel Ronaldo, Manuel Munoz Monasterio dan Luis Alemany Soler. Dalam perjalanannya hingga era modern, Bernabeu tercatat pernah empat kali mengalami perluasan (1953, 1992, 1994, 2011).

Sementara demi mengikuti perkembangan zaman, Bernabeu juga telah dua kali melalui periode renovasi keseluruhan, tepatnya pada tahun 1982 dan 2001 lalu hingga kini memiliki kapasitas 85,454 kursi. Saat ini, permukaan lapangan utama Madrid tersebut menggunakan rumput dengan Mixto Hybrid Grass Technology.

HAL LAIN YANG PERLU DIKETAHUI

Sebagai markas kebesaran, Bernabeu sejak awal berdiri kerap menjadi saksi bisu kebesaran Madrid di berbagai kompetisi. Dari total 32 koleksi gelar La Liga Spanyol, tercatat 30 di antaranya dirayakan di sana, di samping juga berpesta 11 kali saat meraih titel Liga Champions.

Selain di level klub, stadion ini juga pernah dipercaya menggelar sejumlah turnamen internasional. Tim nasional Spanyol pun merasakan tuah Bernabeu kala mampu menjadi juara Piala Eropa edisi 1964 silam. Lebih besar, Bernabeu juga menggelar laga-laga Piala Dunia 1982 yang dimenangkan Italia.

Ke depan, Florentino Perez selaku presiden Madrid saat ini bakal melakukan inovasi terbaru pada stadion. Salah satunya diungkapkan pada 13 Oktober 2013 lalu dengan mengumumkan akan menjual hak nama stadion kepada para peminat demi menambah pemasukan klub.

Tak hanya itu, Perez juga berniat untuk mencari sponsor yang berani menggelontorkan dana sebesar €400 juta guna merenovasi stadion untuk kali ketiga dalam sejarah. Rencana kali ini, sang presiden menginginkan tambahan atap yang bisa dibuka dan ditutup, yang bakal menjadikan Bernabeu sebagai salah satu stadion terbaik di dunia.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search