Rabu, 11 April 2018

Kisah Manchester dan Simbol Lebah

Manchester - Manchester di Inggris terkenal dengan 2 klub sepakbolanya. Namun tahukah Anda, ikon hewan kota ini tidak berhubungan dengan sepakbola. Ikonnya adalah lebah.

Selain sepakbola, turis bisa belajar soal simbol-simbol Kota Manchester, kota ketiga terbesar di Inggris. Dari lambang Kota Manchester ada 3 hewan yang merepresentasikan kota ini, yaitu kuda, singa dan... lebah!

Kalau traveling ke Manchester di Inggris, kamu akan melihat gambar lebah terpampang di sejumlah tempat umum. Lebah memang sudah lama menjadi ikon Kota Manchester.

Ditengok detikTravel dari situs Manchester City Council, Rabu (11/4/2018), lebah pekerja yang lebih dikenal sebagai Manchester Bee telah menjadi simbol ketekunan dan kerja keras warga Manchester sejak 150 tahun yang lalu. Simbol ini menampilkan lebah kuning dengan garis-garis hitam dan sayap abu-abu.

BACA JUGA:Foto: Liburan Legenda Manchester United di Bali

Manchester Bee mulai terkenal dan banyak dipasang di berbagai tempat selama tahun 1800-an, saat revolusi industri. Dikutip dari Manchester Evening News, di tahun 1800-an Manchester dibanjiri pabrik tekstil yang digambarkan sebagai 'sarang-sarang lebah', dan pekerja di pabrik ini diibaratkan seperti lebah pekerja yang tekun.

Sejak saat itu, simbol lebah mulai banyak digunakan. Pada 1842 misalnya, lebah muncul di lambang kota Manchester, kemudian ada pula di logo University of Manchester. Ketika balai kota dibuka tahun 1877, simbol lebah juga menghiasi gedung.

(amarievive_uk/Instagram)(amarievive_uk/Instagram)
Puluhan tahun berselang, pada 1912 simbol lebah dipajang di Refuge Assurance, gedung kuno yang sempat memegang predikat bangunan tertinggi di Manchester selama bertahun-tahun. Lebah-lebah ini dipasang di dalam jam di sisi atas menaranya.

Seiring berjalannya waktu, Manchester Bee terus menjadi ikon Manchester yang populer. Simbol lebah tak hanya muncul di dinding-dinding gedung dan rumah, melainkan juga bangku, pot tanaman, tempat sampah, tiang pembatas jalan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Pernah Lihat Rolls-Royce dan Ferrari Jadi Citycar? Cek Ini Deh...

Setelah tragedi serangan bom di Konser Ariana Grande di Manchester, lebah pun menjadi simbol persatuan dan solidaritas warga Manchester terhadap para korban. Ratusan orang rela mengantre untuk ditato gambar lebah yang ikonik ini.

Terkait tragedi bom Mei 2017 itu, simbol lebah ikut muncul di jersey Manchester United dan Manchester City. Jersey spesial ini digunakan dalam laga derby di NRG Stadium, Texas, Amerika Serikat pada Juli 2017. Setelah derby, jersey dilelang dan hasilnya disumbangkan ke badan amal We Love Manchester Emergency Fund.

Bagi turis penggemar sepakbola, mungkin lebih kenal logo Manchester United dan logo Manchester City. Tapi kalau kamu warga Manchester asli, lebah adalah logo kebanggaannya.

(Dok: www.manutd.com, www.mancity.com)(Dok: www.manutd.com, www.mancity.com)
(krn/fay)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search