Rabu, 17 Mei 2017

Kisah Tahanan Kabur, Sempat Nyolong Ubi dan Jadi Tukang Bangunan, Akhirnya Kembali ...

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU -- Berbagai cerita unik menggambarkan proses bertahan hidup dan upaya persembunyian para tahanan Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau yang melarikan diri.

Segala upaya dilakukan untuk menghindar agar tidak dikenali sebagai tahanan yang melarikan diri pada Jumat (5/5/2017) lalu.

Meski begitu, pada akhirnya tahanan yang tidak paham wilayah serta tidak memiliki mental kuat, akhirnya memilih balik ke rumah keluarga dan berujung kembali ke rutan.

Seperti kisah tahanan bernama Mahmud (47), yang pada Selasa (16/5/2017) kemarin kembali ke rutan dengan diantar pihak keluarga.

Penyesalan dan harapannya bisa kembali berkumpul dengan keluarga menyeruak, setelah upaya kaburnya hanya menyisakan ketidaktenangan.

Dari ceritanya seperti yang disampaikan Kasubag Humas Polresta Pekanbaru Ipda Dodi Vivino, tergambarkan bagaimana Mahmud bertahan hidup dengan memakan ubi milik warga.

Mahmud yang ikut melarikan diri bersama 448 tahanan lainnya, memilih lari ke arah Sungai Sail. Empat hari ia bertahan dalam persembunyiannya di lokasi tersebut.

Untuk kebutuhan makan sehari-hari, Mahmud mengambil ubi milik warga. Setelah tidak sanggup, ia kemudian mengarahkan langkahnya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pekanbaru.

Di RSUD, Mahmud berbaur dengan pasien lain. Dengan berpura-pura menjadi pasien, ia bisa bertahan lima hari.

Setelahnya ia kembali melanjutkan petualangannya ke wilayah Garuda Sakti, Pekanbaru. Dengan usahanya ia bekerja membantu tukang bangunan. Namun, dalam prosesnya ia tetap tidak sanggup dan kembali ke rumah keluarganya.

"Katanya menyesal. Ia ingin kembali ke rutan dan menghabiskan masa tahanan selama 2,8 tahun yang kini sudah berjalan enam bulan," ungkap Dodi.

Mahmud mengaku rindu ingin berkumpul dengan keluarganya selepas ia bebas nanti. Mahmud terlibat kasus pencurian yang diungkap Polsek Lima puluh.

Bapak empat anak ini ingin sekali kembali berkumpul dengan keluarga. Namun sebelum harapan itu bisa terwujud, ia pasrah kembali ke rutan dan menata kembali hidupnya sampai nanti bebas.

Data dari posko pencarian tahanan Rutan Sialang Bungkuk Polresta Pekanbaru, sebanyak 323 tahanan sudah ditangkap dan menyerahkan diri. Sebanyak 125 tahanan lainnya masih dicari. (Budi Rahmat)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search