Senin, 25 September 2017

Kisah Asal Mula Martabak Manis

Kisah Asal Mula Martabak Manis

25 Sep 2017


Foto: dok. Femina
 
Tidak bisa dianggap remeh, popularitas martabak memang tak pernah pudar, malah kian menanjak. Dari yang hanya mengandalkan gerobak sederhana, hingga menyulap kontainer  menjadi tempat berjualan. Seperti yang dilakukan beberapa pengusaha muda, salah satunya Gibran Rakabuming Raka, Putra Presiden RI, Joko Widodo.
Bagaimana tidak, rasanya yang lezat, memang mudah jadi favorit siapa saja. Malah, Martabak juga  sering diidentikan sebagai kuliner delegasi antara calon mantu dan calon mertua! Asin ataupun manis, semuanya punya cerita yang seru.      

Sama halnya dengan Martabak Telur, Martabak Manis juga memiliki nama panggilan yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya Martabak Bangka, Kue Terang Bulan, hingga Kue Bandung.

Mulanya, Martabak Manis merupakan makanan khas Bangka yang dibuat oleh warga keturunan Tionghoa (Hakka). Nama aslinya adalah Hok Lo Pan yang dapat diartikan Kue Orang Hok Lo. Dulu, Hok Lo Pan merupakan kue yang sederhana. Taburannya hanya berupa gula dan wijen sangrai. Namun karena rasanya yang lezat, maka kepopulerannya menyebar hingga ke luar kota Bangka. Kue ini lalu dikenal dengan nama Kue Rembulan (Terang Bulan) karena bentuknya yang bulat dan kuning merekah saat diangkat dari wajan. Ada juga yang menyebutnya Kue Pangkal Pinang, ibukota Bangka.

Jika dikreasikan oleh masyarakat Bangka, mengapa ada sebutan Kue Bandung pula? Ternyata, ketika salah seorang masyarakat Bangka merantau ke pulau Jawa, khususnya daerah Semarang, ia menjajakan kue ini di Jalan Bandung.

Walaupun martabak manis tidak memerlukan keahlian akrobatik dalam pembuatannya, formula yang baik dan ketepatan dalam menggunakan api saat memasaknya menjadi kunci utama dalam pembuatannya.

Rasa  martabak manis memang lebih luwes untuk dikreasikan, mulai dari cita rasa tradisional seperti  ketan hitam dan parutan kelapa hingga mewahnya selai hazelnut premium. Ada juga yang membuatnya tipis dan kering.

Baca juga:
Kisah Asal Mula Martabak Telur
Makna Lauk Pendamping Tumpeng
Restoran Peranakan Baru di Grand Indonesia

Dwi Ayu Novaria Nainggolan


Topic

#infokuliner, #martabak

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search