Jumat, 01 September 2017

Puncak Haji, Ini Kisah Muslim dari Berbagai Belahan Dunia

MADINAH – Para jamaah dari 160 negara di dunia berkumpul dan mengenakan pakaian ihram berwarna putih yang melambangkan persatuan di kalangan umat Islam, kerendahan hati, dan kesetaraan di hadapan Allah. Baik orang kaya maupun miskin harus berpakaian sama saat melakukan ibadah haji.

Dengan telapak tangan menghadap langit sembari berdoa dan banyak dari mereka yang menangis, sekira 2 juta orang dari seluruh dunia berkumpul pada 9 Zulhijah dalam upaya menghapus dosa masa lalu dan memohon kepada Allah untuk pengampunan dan bimbingan di waktu wukuf tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Dari pagi hingga senja, kerumunan jamaah tersebut bekumpul di Padang Arafah. Mereka berkumpul di gunung yang dikelilingi padang pasir, tempat Nabi Muhammad SAW menyampaikan khutbah terakhirnya pada 1.400 tahun yang lalu.

"Kami berharap agar Allah mengampuni dosa-dosa kami, dan kami berharap bisa memulai yang baru dengan Tuhan kami," kata Khaled Ahmed, seorang jamaah berusia 47 tahun asal Mesir.

Noura Sulieman, salah satu orang dari jamaah Filipina, mengatakan bahwa dia pernah beribadah haji beberapa kali sebelumnya dan kembali berhaji untuk keluarganya.

"Saya datang ke Arafah untuk mendoakan keluarga saya, untuk anak perempuan saya, dan anak saya, dan seluruh keluarga saya, dan semua Muslim Filipina dan semua Muslim di semua negara. Insya Allah, Allah akan menerima ibadah kita," ungkapnya seperti yang dilansir dari Whio, Kamis (1/9/2017).

Demi keamanan, pihak berwenang telah mengerahkan lebih dari 100.000 pasukan untuk mengamankan haji dan membantu para jamaah haji. Otoritas Arab Saudi juga mengerahkan dokter, perawat, ambulans, serta pusat kesehatan.

BACA JUGA: Wih! Jelang Puncak Haji, Pasukan Keamanan Arab Saudi "Tantang Maut"

BACA JUGA: Jelang Puncak Haji, 1,4 Juta Muslim Sedunia Tumplek di Arab Saudi

 Setelah wukuf, jamaah haji akan mencukur rambut dan wanita akan memotong sekotak rambut sebagai pertanda bahwa rangkaian haji telah usai. Umat Islam di seluruh dunia akan menandai berakhirnya haji dengan merayakan Idul Adha. (pai)

(rfa)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search