/data/photo/2018/05/28/439107628.jpg)
JAKARTA, KOMPAS.com - Suatu hari di bulan Februari 2017, seorang pemuda bernama Febriansyah Ramadhan yang tengah duduk santai di sebuah pangkalan ojek, iseng membuat sebuah akun Instagram.
Setahun berselang, akun itu menjadi salah satu akun Instagram yang cukup populer di Indonesia, dengan jumlah pengikut lebih dari 750.000 akun. Nama akun tersebut adalah dramaojol.id.
Pemuda berusia 24 tahun itu menuturkan, kemunculan dramaojol.id didasari pengalaman teman-teman kuliahnya yang mengambil pekerjaan sambilan sebagai pengemudi ojek online (ojol).
"Banyak teman saya yang sambilan jadi driver ojol, kalau lagi ngumpul suka cerita enak dan enggak enaknya, terus lucunya, sukanya, dukanya. Karena banyak cerita dari teman, saya coba iseng bikin dramaojol.id," kata Febri, saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (28/5/2018).
Baca juga: Saat Ratusan Pengemudi Ojek Online Berbagi Takjil...
Tak hanya itu, keberadaan akun serupa di media sosial Twitter yang mengisahkan kisah para pengemudi ojol, turut menginspirasinya mendirikan dramaojol.id dalam media Instagram.
"Selain lucu, akun itu juga educate dan ada pesan moralnya juga. Saya pikir, 'coba ah bikin kaya gini', toh ke depannya ini bakal besar atau tidak urusan belakangan, yang penting jalani dulu," ungkap dia.
Kisah pengemudi ojol
Febri mengakui, dirinya tak berasal dari kelompok pengemudi ojol. Dirinya juga tak selalu menggunakan transportasi online untuk menunjang mobilitasnya membelah Jakarta.
Namun, ia ingin akun dramaojol.id yang didirikannya dapat mengangkat suka duka dan keluh kesah para pengemudi ojek online, ketika berjuang di tengah kerasnya jalanan Ibu Kota.
"Selain buat hiburan, juga ngasih tahu ke masyarakat, suka dukanya mereka (pengemudi ojol) tuh gimana sih? Bagaimana resikonya mereka di jalan? Lalu customer seperi apa yang mereka temui," kata Febri.
Jawabannya ada dalam konten-konten yang ia unggah di dramaojol.id. Selain cerita soal interaksi antara pengemudi dan penumpang ojol yang kerap mengundang tawa, banyak pula kisah mengharukan yang diunggahnya.
Baca juga: Selter Ojek Online di Stasiun Depok Baru Dinilai Mudahkan Penumpang
"Tujuan saya semoga akun ini bisa jadi wadah driver dan customer untuk share keluh kesah mereka tanpa harus bingung ke mana," kata Febri.
Tidak SARA
Satu tahun lebih mengelola akun dramaojol.id, tidak sedikit warganet yang menuding kisah-kisah di sana sebagai rekaan atau sandiwara.
Namun, Febri mengaku tak ambil pusing. Baginya, tujuannya membagikan kisah-kisah menarik dari pengemudi dan penumpang ojol dapat tercapai.
"Perihal lucu atau enggak kan kembali ke selera humor mereka. Dibilang fake atau enggak, itu juga bukan urusan saya. Selama itu juga tidak menyinggung siapapun, ya saya share," ujar dia.
Baca juga: Menengok Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru
Febri punya standar dalam menentukan konten yang akan diunggahnya. Misalnya, tidak mengunggah konten yang menyinggung SARA.
Selain itu, konten yang berhubungan dengan pelayanan yang buruk juga tidak akan diunggahnya. Ia menilai, hal itu lebih tepat diselesaikan oleh perusahaan transportasi online ketimbang disebar lewat media sosial.
Ia mengaku, dapat membedakan mana konten yang bohong dan asli. "Ya dari font saja bisa keliatan sih, tata cara mereka berbicara via chat natural apa enggak," kata dia.
Sementara, untuk tarif akan ada penurunan tarif hanya di ruas tol baru, bukan ruas tol lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar