"Tanggung jawab penulis adalah untuk memunculkan kata-kata yang menangkap, melalui pengalaman pribadi yang menyakitkan, penderitaan orang, rasa sakit, iman dan harapan. Ini karena seorang penulis ditugasi dengan misi berbicara atas nama sesama manusia. Segala sesuatu yang yang terjadi di dunia terjadi pada saya secara pribadi. " – Chinghiz Aitmatov
NUSANTARANEWS.CO – Chinghiz Aitmatov adalah benulis berkebangsaan Kirgizstan yang paling terkenal. Aitmatov dihormati karena berhasil menggabungkan antara dunia tradisional cerita rakyat Kyrgyz dan sastra Eurasia modern. Karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 150 bahasa. Dia dengan cemerlang menggabungkan unsur-unsur dari cerita-cerita rakyat Kirgistan dan epik-epik dengan realisme tradisional Rusia yang resmi. Dia lahir lahir pada tanggal 12 Desember 1928 dan meninggal dunia pada tanggal 10 Juni 2008.
Dia dianugerahi Hadiah Lenin untuk Sastra pada tahun 1963 untuk koleksi cerpennya yang berjudul "The Tales of Mountains and Steppes" dan Hadiah Negara pada tahun 1968 untuk novel pertamanya, "Farewell Gyulsary!" Pada tahun 1978, ia dibedakan sebagai Pahlawan Buruh Sosialis. Bahkan, Turki sempat menominasikan dia sebagai penulis dalam bahasa Turki untuk Hadiah Nobel 2008 untuk sastra.
Aitmatov lahir dalam keluarga Torekul dan Nagima Aitmatov di desa Sheker, yakni sebuah Lembah Talas, di kaki Pegunungan Tien Shan, dekat perbatasan Cina di Kyrgyzstan. Di kampung kelahirannya itu, ia harus mengetahui tujuh generasi leluhurnya sesuai tradisi. Karenanya ia tahu karakter setiap orang yang masih kerabat.
"Nenek dari pihak ayah Chingiz Aitmatov adalah teman terdekatnya. Untuk mengajarinya tentang budaya Kyrgyz, dia membawa bocah itu ke pesta lapangan tradisional, pernikahan, dan pemakaman. Aitmatov juga menemaninya ke pertemuan dengan pendongeng, bard, dan penyanyi sejenis. Untuk menggemakan semangat suatu budaya, seorang penulis harus memiliki pemahaman yang mendalam tentangnya. Selain pengetahuan rinci, tulisan Aitmatov mencerminkan rasa hormat yang mendalam terhadap tradisi kesukuan. Dia menulis tentang pengalaman-pengalaman yang langka itu ketika tulisannya membuat sebuah permadani yang mengagumkan dari tradisi-tradisi Kirgiz," tulis russiapedia.rt.com.
Portal Online Russia Pedia itu menyebutkan, Aitmatov sangat mencintai tanah kelahirannya dan pengetahuannya, tetapi ia juga seorang patriot Soviet dan seorang internasionalis sejati. Dia mendesak pemerintah Soviet Kyrgyz untuk memperlakukan bahasa Kirgizstan dengan bermartabat dan meningkatkan posisi resminya di sepanjang sisi Rusia, yang pada saat itu digambarkan sebagai "bahasa ibu kedua" dari orang-orang Kirgistan. Dia mendukung status bahasa Kyrgyz pada tahun 1980-an, ketika beberapa sekolah mengajar di Kyrgyz di Bishkek (sebelumnya Frunze), ibu kota Kyrgyzstan.
"Untuk memahami Chingiz Aitmatov, pertama-tama kita harus menjadi akrab dengan spektrum tema yang ditempatkan di tangannya oleh budaya Asia dan untuk memahami tema-tema yang diusungnya, memahami lingkungan sosial Kyrgyz dari mana ia muncul, ikatan budaya yang telah mengasah Budaya Kyrgyz selama berabad-abad dan evolusi budaya itu ketika ditempatkan di bawah tekanan tren baru, bahkan asing, Soviet," terangnya.
Tema utama dalam cerita Aitmatov, lanjut Russia Pedia, adalah tentang ketidaksetaraan gender di antara laki-laki dan perempuan masyarakat Asia Tengah tradisional. Sub tema yang muncul dalam cerita demi cerita termasuk penindasan wanita oleh pria, tuan tanah, dan mullah. Dia menulis kurangnya akses pendidikan di wilayah tersebut (terutama di daerah pedesaan dan terutama untuk anak perempuan), perlakuan terhadap perempuan sebagai komoditas dan poligami.
Aitmatov menghadapi masalah ini dan menciptakan sejumlah karakter wanita yang mudah diingat seperti Jamila di "Jamila," Jaidar dalam "Selamat tinggal, Gyulsary!" Dan Altynai, dalam "Duishen." Wanita berkemauan keras ini melanggar tradisi dan menetapkan tren baru untuk sesama penderita mereka.
"Penyair Perancis Louis Aragon menggambarkan "Jamila" sebagai "kisah cinta paling indah di dunia" dengan alasan bahwa tidak bermoral untuk memuji pahlawan wanita, yang jatuh cinta dengan orang lain sementara suaminya dengan berani bertempur melawan Nazi Jerman selama Perang Dunia II. Aitmatov percaya bahwa masalah sosio-politik, ekonomi, ideologi, dan bahkan masalah lingkungan manusia akan lenyap jika pendidikan bisa maju melampaui penghafalan hafalan, dan jika perhatian komunal yang sejati, cinta sejati, dapat meleburkan manusia dan alam," lanjutnya.
Chingiz Aitmatov menyatakan: "Pada akhirnya, apa yang benar? Apa yang seharusnya menjadi standar untuk membedakan antara benar dan salah? Saya harus percaya bahwa itu adalah cinta untuk sesama manusia, cinta yang menginginkan semua yang telah lahir di ini kebahagiaan planet dan kebebasan. Tidak ada ideologi atau struktur nasional yang lebih penting daripada ini. Dan itu adalah ketika orang-orang suka bahwa mereka menjadi pahlawan sejati. "
Torekul Aitmatov, Ayah Aitmatov, lahir dalam keluarga petani kelas menengah. Dia lulus dari sekolah menengah (gimnasium) tahun 1917 dan terpilih sebagai sekretaris Komite Kaum Miskin tahun 1920. Antara 1924 dan 1935 ia bekerja di sejumlah posisi di dalam aparatus Partai. Ketika Aitmatov baru berusia sembilan tahun, masa kecilnya dirusak oleh tragedi mendalam yang mempengaruhi sisa hidupnya: ayahnya, Torekul, berusia 35 tahun, salah satu komunis Kirgistan pertama dan sekretaris partai regional, ditangkap pada tahun 1937 dan dieksekusi atas tuduhan "nasionalisme borjuis." Chingiz, anak lelaki tertua, mengatasi rasa malu dan memeluk keluarga. Banyak penduduk desa berasumsi bahwa karena ayah mereka dihukum, dia pasti telah melakukan sesuatu yang buruk. Ada saat-saat ketika Aitmatov muda bahkan tidak ingin memberi tahu orang-orang nama belakangnya. Tetapi ada beberapa, seperti guru sekolah dasarnya, yang tidak mengijinkan visi mereka diaburkan oleh pusaran peristiwa.
Suatu hari guru tersebut berkata kepada Chingiz: "Jangan pernah melihat ke bawah ketika Anda mengatakan nama ayah Anda. Apakah Anda mengerti?" Kata-kata ini menjadi harta karun seumur hidup baginya. "Guru itu memberi saya keberanian. Dia mengajari saya untuk berpegang teguh pada kemanusiaan saya dan untuk menempatkan sangat penting pada martabat manusia. Bahkan sekarang, darah saya mendidih setiap kali saya melihat seseorang direndahkan atau dihina."
Ketia Chinghis berusia empat belas tahun, ia meninggalkan sekolah untuk ikut perang. Ibu Aitmatov, Nagima Hamzaevna Aitmatova, masih kental dengan aturan -aturan era Soviet. Pada tahun 1924, ia bertemu Torekul Aitmatov dan mengabdikan dirinya untuk mempromosikan hak-hak perempuan, memerangi buta huruf, menyingkirkan sisa-sisa Islam yang tersisa di republik dan bekerja untuk mengajukan reformasi tanah dan air. Dari tahun 1938 sampai ia pensiun pada tahun 1954, ia bekerja di Departemen Keuangan Wilayah Kirov.
"Ketika Perang Dunia II dimulai, kehidupan Aitmatov semakin sulit. Mereka tinggal di gubuk bobrok. Ibu Aitmatov sering terbaring sakit karena sakit, dan dia harus berhenti sekolah pada usia 14 tahun. Tetapi karena dia mahir dalam membaca dan menulis, dia dipilih sebagai sekretaris dewan desa. Tugas yang paling dibencinya adalah menyampaikan pemberitahuan tentara yang tewas dalam aksi. Ketika dia muncul di rumah orang-orang yang kehilangan orang-orang tercinta di depan, mereka akan menatapnya dengan wajah ketakutan dan cemas. Dia akan mengeluarkan tasnya selembar kertas yang menutupi segel tentara Rusia. Dia harus membacakan pesan singkat itu," tutur Russia Pedia.
Sebelum memulai karir menulisnya, lanjutnya, setelah Perang Dunia II, Aitmatov lulus dari Institut Pertanian Kyrgyz. Meskipun demikian ia menemukan dirinya semakin tertarik pada penulisan kreatif, sehingga pada usia 27 tahun, ia masuk ke Institute of Literature. Pada tahun 1952, dia mulai menerbitkan cerita-cerita pendeknya yang pertama di Kirgistan dalam majalah dan empat tahun kemudian dia memasuki kursus sastra yang lebih tinggi di Gorky Institute, Moskow. Cerpen pertamanya yang diterjemahkan ke bahasa Rusia muncul pada tahun 1958, tahun dimana dia lulus. Pada tahun yang sama, ia menerbitkan "Jamila," kisah yang membuatnya mendapat pengakuan internasional.
Dalam bukunya "The Day Lasts More Than A Hundred Years" Aitmatov menciptakan istilah "mankurt." Buku ini mengeksplorasi perasaan seorang Kazakh yang terpecah antara tradisi bangsanya dan upaya pemerintah Soviet untuk menciptakan "orang Soviet." Seorang "mankurt" adalah seorang Asia Tengah yang memilih menjadi "orang Soviet" dan istilah itu diadopsi dan digunakan oleh orang Asia Tengah. Hatinya menangis dalam kesedihan karena ayahnya yang telah dijebak oleh tuduhan palsu dan dibunuh oleh kebohongan, dan untuk ibunya yang telah menanggung semua dan mati, tidak pernah tahu apa yang telah terjadi dengan suaminya, dan yang telah mengizinkannya, putranya, untuk belajar setelah perang, memberitahunya untuk tidak mengkhawatirkan dirinya atau keluarganya. Hatinya melonjak dengan kebencian terhadap para pembohong, menuju nafsu kekuasaan dan dominasi yang mendorong mereka ke kegilaan. Dan hatinya dibakar oleh kemarahan terhadap semua orang yang akan menimbulkan rasa sakit dan kesengsaraan seperti itu pada ibu dan anak-anak di tanah kelahirannya. Akhirnya, tahun 1951 Aitmatov menikah Keres Shamshibaev. Meskipun perkawinan itu menghasilkan tiga putra dan seorang putri, itu tidak berlangsung lama. Dia kemudian menikahi Maria Urmatova pada tahun 1981.
Pada tahun 1986, Aitmatov mendirikan Forum Issyk-Kul yang terkenal, yang membawa para intelektual dari blok Soviet dan Barat bersama di sebuah resor tepi danau untuk membahas tantangan global utama secara langsung. Aitmatov adalah penasihat untuk Mikhail Gorbachev, Presiden Uni Soviet pada awal 1990-an. Ia bergabung dengan Partai Komunis pada 1959. Ia adalah anggota penuh Akademi Ilmu Pengetahuan Kyrgyzstan, anggota Akademi Seni dan Sains Eropa dan anggota Akademi Sains dan Seni Dunia. Dia juga adalah duta besar Kirgizstan untuk Uni Eropa, NATO, UNESCO, Belgia, Luksemburg dan Belanda.
Sepanjang hidupnya, Aitmatov mempertahankan cintanya untuk sesama manusia, dan untuk alam dan dunia binatang. Novel terakhirnya, "Ketika Pegunungan Jatuh: The Eternal Bride," ditulis pada tahun 2005 sebagai daya tarik terakhir bagi rakyatnya untuk melestarikan keindahan Pegunungan Celestial (Tengir-Too di Kyrgyz, Tian-Shan dalam bahasa Cina), yang bangsa Kirgiz secara tradisional dianggap sakral. Dua pahlawan dalam novel ini, seorang wartawan bernama Arsen Samanchin dan macan tutul salju asli (Jaa Bars), keduanya menjadi korban perburuan internasional dalam sebuah kisah bahaya dari eksploitasi lingkungan yang serakah dan sembrono.
Beberapa karya Aitmatov telah diangkat ke layar lebar. Aitmatov berada di kota Kazan di Rusia tengah, tempat kru film Rusia membuat film berdasarkan novelnya "The Day Lasts More Than A Hundred Years" dan sebuah film dokumenter tentang kehidupannya, ketika ia mengeluh merasa sakit. Dia telah menderita gagal paru-paru dan ginjal. Dia dengan cepat dilarikan ke rumah sakit setempat dan dua hari kemudian terbang ke klinik di Jerman, di mana dia meninggal.
Orang-orang Kirgiz mengatakan bahwa dua pahlawan membuat bangsa mereka dikenal di dunia: yang pertama adalah pahlawan epik Manas; yang lainnya adalah Chingiz Aitmatov.
Penyadur: M. Yahya Suprabana
Editor: Achmad S.
Sumber: Russia Pedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar