Selasa, 18 April 2017

KISAH: Sarah Rector, Gadis 12 Tahun yang Berhasil Jadi Miliarder Termuda

PADA 15 Januari 1914, sebuah headline berita yang tidak biasa muncul di surat kabar The Kansas City Star. Headline berita tersebut yaitu "Minyak membuat gadis kecil berkulit hitam ini kaya - Gadis Oklahoma berpenghasilan Rp200 juta per bulan mendapat banyak lamaran - Empat pria berkulit putih asal Jerman melamarnya dengan harapan gadis itu akan membagikan keberuntungan dan hartanya."

Gadis kecil yang menjadi headline pemberitaan tersebut adalah Sarah Rector. Ia adalah seorang gadis keturunan Afrika-Amerika dan merupakan anggota dari The Muscogee (Creek) Nation.

BERITA REKOMENDASI


The Muscogee Nation sendiri adalah organisasi dari orang Muscogee atau yang dikenal juga sebagai Creek dan diakui secara resmi oleh federal. Organisasi ini berbasis di negara bagian Oklahoma, Amerika Serikat (AS).

Sarah lahir pada 3 Maret 1902 di sebuah wilayah di mana suku Indian tinggal. Sarah bersama Joseph dan Rose Rector mendapatkan lahan atau tanah seperti anggota The Muscogee Nation lainnya ketika Oklahome menjadi sebuah negara pada 1907. Lahan yang didapatkan Sarah inilah yang kemudian membuatnya menjadi gadis turunan Afrika-Amerika pertama yang menjadi jutawan.

Keluarga Sarah berhak mendapat jatah lahan sesuai dengan perjanjian 1866 yang dibuat oleh Otoritas AS dengan lima suku lokal. Tetapi lahan yang diberikan kepada mantan budak biasanya merupakan tanah yang tidak memiliki kualitas baik seperti kurang subur dan tanah berbatu.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search