Senin, 10 April 2017

Wah! Ini Kisah Dibalik Foto 'Wajah Patung Pancoran' Yang Sekarang Heboh

SURATKABAR.ID Lini masa berbagai media sosial seperti, Twitter, Instagram, hingga Facebook saat ini sedang dibuat heboh oleh foto Patung Pancoran yang diabadikan oleh seseorang dari ketinggian. Tak hanya itu, wajah patungnya pun terlihat dengan jelas.

Sejumlah netizen berujar itu pertama kalinya mereka melihat bentuk wajah Patung Pancoran. Selama ini mereka hanya tahu Patung Pancoran menghadap ke utara dengan tangan kanan menunjuk lurus ke depan.

Foto yang diabadikan dengan drone tersebut diambil oleh seorang ahli drone bernama Rudy Sunandar. Rudy mengambil foto Patung Pancoran lengkap dengan wajahnya pada Sabtu (8/4/2017) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

"Itu saya ambil Sabtu (08/04/2017) sore. Pertama saya upload di Facebook sama Instagram," kata Rudy seoperti dilansir dari detikcom, Minggu (09/04/2017).

Namun foto Rudy juga diunggah ulang oleh beberapa netizen di Twitter dan mendapat ratusan hingga ribuan retweet. Di antaranya oleh akun @Gmontadaro yang memperoleh 1.900 retweet dan akun @imanlagi yang memperoleh 1.300 retweet.

Baca juga: Gara-Gara Patung Harimau Lucu, Semua Patung di Koramil Kena Imbasnya

http://www.suratkabar.id/34540/news/gara-gara-patung-harimau-lucu-semua-patung-di-koramil-kena-imbasnya

Salah satu pengajar di Darwis Triadi School of Photography itu mengaku menerima banyak ucapan terima kasih dari netizen karena telah 'memperlihatkan' wajah Patung Pancoran.

"Banyak juga yang bilang makasih, katanya 'Makasih akhirnya baru lihat'," ucap Rudy.

Sementara, pembuat patung n Pancoran adalah Edhi Sunarso. Edhi merupakan pemahat patung kepercayaan Sukarno dan membuat sejumlah karya yang kini menjadi ikon di Jakarta seperti Monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia dan Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng.

Patung Pancoran digagas oleh presiden pertama RI Sukarno di akhir masa pemerintahannya yakni tahun 1964-1965. Patung dibangun setinggi 11 meter dengan tiang penyangga yang menjulang 27 meter. Berat patung mencapai 11 ton dan panjang 36 meter.

Patung ini diletakkan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan yang menjadikannya lebih dikenal dengan nama patung pancoran.

Pengecoran perunggu patung dilakukan oleh Pengecoran Patung Perunggu Artistik Dekoratif Yogyakarta, dipimpin oleh I Gardono. Sedangkan arsiteknya adalah Ir Sutami.

Sejarawan LIPI Asvi Warman mengatakan, Sukarno terinspirasi membuat patung tersebut dari sosok kosmonot Yuri Gagarin. Diketahui Gagarin merupakan kosmonot Rusia yang pertama kali ke luar angkasa.

"Idenya (terinspirasi) dari Yuri Gagarin, kosmonot Rusia yang pertama kali ke luar angkasa. Bung Karno dengan pembangunan patung itu ingin menyampaikan pesan agar anak muda mempunyai kemampuan seperti Yuri Gagarin," jelas Asvi beberapa waktu lalu.

Patung Pancoran memiliki makna filosofis, yaitu melambangkan keberanian, ksatria dan kedirgantaraan dengan kejujuran, keberanian dan semangat mengabdi.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search