Selasa, 13 Juni 2017

Kisah Naga yang Bukan di China

Ljublana - Kisah-kisah naga biasanya identik dengan China. Namun siapa sangka, di Eropa sana juga punya kisah tentang naga. Bahkan sampai dibuat patungnya!

Kisah naga di Eropa tersebut ada di negara Slovenia. Hal itu ditandakan dengan Dragon Bridge yang berada di Ljubljana, ibukota negara Slovenia. Sesuai namanya, jembatan itu punya patung-patung naga!

Dilihat detikTravel pada situs pariwisata Slovania, Selasa (13/6/2017) jembatan itu mulai dibangun pada tahun 1900. Total, ada 4 patung naga di jembatan yang berada di atas sungai, di pusat kotanya.

Jembatan unik ini merupakan karya dari arsitektur, Dalmatian Jurij Zaninovic yang menampilkan desain Art Nouveau dengan teknis desain yang luar biasa. Pada masa dulunya Drgaon Bridge merupakan jembatan terbesar di Eropa yang dibangun dengan konstruksi beton.

Dragon Bridge melintasi Sungai Ljubljanica. (visitljubljana.com)Dragon Bridge melintasi Sungai Ljubljanica. (visitljubljana.com) Foto: (Visit Ljubljana)

Terdapat 4 patung naga besar di tiap sudut jembatan. Patung naganya seperti nyata lho traveler, seakan siap menyerang dan menyemburkan api. Dari patung ini kita bisa menilai bagaimana kualitas dari pencipta patung ini. Hebat!

Ternyata ada cerita menarik mengenai keberadaan patung naga di jembatan ini. Konon menurut legenda, berabad-abad yang lalu terdapat naga yang bisa menyemburkan api yang memakan apa saja mulai dari ikan, mamalia bahkan manusia yang melintas di sepanjang sungai Ljubljanica.

Singkat cerita, seorang pahlawan Yunani bernama Jason tidak sengaja berlabuh di Sungai Ljubljanica, karena dia sedang melarikan diri dari penguasa yang putrinya ia culik. Putri raja bernama Medea, merupakan seorang penyihir dan kekasih dari Jason. Mereka melarikan diri karena raja mengingkari janjinya.

Patung naga yang terdapat di Dragon Bridge Slovania (visitljubljana.com)Patung naga yang terdapat di Dragon Bridge Slovania (visitljubljana.com)

Pada suatu malam mereka dikejutkan oleh binatang raksasa yang terbang mengembuskan api dari mulutnya dan membakar seluru kampung di tepi sungai. Hampir semua penduduk dan anak buah Jason mati karena dimangsa monster. Jason pun berpikir solusi satu-satunya untuk menyelamatkan diri adalah membunuh naga ini.

Bersama dengan kekasihnya Medea, mereka menelusuri rawa-rawa dan menemukan sarang naga tersebut. Kemudian Medea membacakan mantra hingga naga tersebut tertidur. Tetapi mantra tidak bertahan lama, naga terbangun dan mengamuk. Melihat kekasihnya dalam bahaya, Jason menghunuskan pedangnya ke arah mulut naga. Hingga mulut naga tidak bisa terbuka.

Medea pun membantu kekasihnya dengan membacakan mantra supaya mulut naga semakin tidak bisa terbuka. Naga terus mengamuk, dan mencoba mengeluarkan api tetapi tidak bisa. Api semakin menumpuk di dalm perut dan tidak lama kemudian naga tersebut meledak.

Bila traveler ke Dragon Bridge, di sini traveler tidak hanya bisa menyaksikan kemegahan empat patung naga, tetapi juga bisa bersepeda dan menikmati sore di cafe-cafe yang terdapat di sekitar jembatan. Tertarik datang ke sini? (rdy/aff)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search