Kamis, 19 Oktober 2017

Kisah Inspiratif Anggota TNI ALTiap Hari Angkut Anak Sekolah Terobos Sungai Sambas

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Dedikasi mendukung pendidikan di Tanah Air, terlihat dari aktivitas personel dari Pos TNI Angkatan Laut (AL) Pemangkat.

Para personel TNI AL ini setiap harinya membantu siswa-siswi SMPN 1 Pemangkat yang hendak berangkat menuju sekolah, dengan menyeberangi Sungai Sambas Besar dari tempat tinggal mereka di Dusun Kalangbau, Desa Sungai Pasir, Kecamatan Jawai, Kabupaten Sambas.

"Untuk menyeberangi Sungai Sambas yang jaraknya 2,8 Mil, Komandan Pos TNI Angkatan Laut Pemangkat beserta anggotanya menggunakan Kapal Patroli TNI Angkatan Laut. Membantu para pelajar, untuk melaksanakan kewajiban bersekolah dalam mencari ilmu," ungkap Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) Pontianak, Mayor Laut (E) Irawan Tri Budiono, Kamis (19/10/2017).

(Baca: 6 Kecamatan Dukung Pembentukan Kabupaten Sambas Utara )

Terkecuali hari libur, setiap harinya aktivitas menyeberangkan pelajar yang hendak berangkat ke sekolah ini, dilakukan Komandan Pos TNI AL Pemangkat bersama anggotanya.

"Ada goresan senyum bahagia ketika melihat anak-anak yang terakhir dibawa, sudah diseberangkan,"ujarnya.

Irawan mengatakan, tugas Pos TNI AL, bukan saja mengamati wilayah perairan. Namun dapat dengan mengetahui masalah yang ada di masyarakat sekitar, dan mencarikan solusi agar masalah yang sedang dihadapi masyarakat dapat terpecahkan.

"Ada sekitar lima hingga enam siswa-siswi yang bergantian menyeberang, dari Dusun Kalangbau, Desa Sungai Pasir, Kecamatan Jawai ke Dermaga Penjajab untuk bersekolah di SMPN I Pemangkat dengan jarak tempuh 2.8 Mil. Jadi, Keterbatasan angkutan untuk pelajar di Sungai Sambas menjadi penyebab mereka harus bergantian diseberangkan," katanya.

Kadispen menambahkan, menurut Komandan Pos TNI AL Pemangkat, saat ini memang ada kendala yang dihadapi pelajar yang bersekolah di SMPN I Pemangkat, sehingga tidak bisa berangkat menyeberangi sungai Sambas.

Untuk itu, personel Pos TNI AL Pemangkat tergerak membantu menyeberangkan para pelajar tersebut agar tetap bersekolah seperti biasa.

"Kendalanya disebabkan kapal yang biasa ditumpangi para pelajar ini sedang ada kerusakan teknis. Sehingga Komandan Pos TNI AL Pemangkat bersama anggotanya turun tangan membantu menyeberangkan anak-anak sekolah menggunakan kapal patroli TNI AL," katanya.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search