Jumat, 26 Januari 2018

4 Pelajaran Hidup yang Bisa Ditiru Dari Kisah Heroik Timnas Vietnam

Kisah heroik datang dari negara tetangga, yaitu Vietnam. Vietnam yang tim sepakbola usia dibawah 23 tahun secara mengejutkan mampu lolos ke partai final Piala Asia U-23 2018. Meskipun masih harus menjalani laga final melawan Uzbekistan, Vietnam telah mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Nah ini dia semangat baru yang bisa dapatkan dari keberhasilan Timnas Vietnam U-23 di AFC Championship 2018 khususnya bagi kehidupan sehari-hari.

1. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha

4 Pelajaran Hidup yang Bisa Ditiru Dari Kisah Heroik Timnas Vietnamfoxsportasia.com

Vietnam tentunya tidak akan seketika menjadi hebat. Banyak latihan, kedisiplinan, serta keyakinan untuk berhasil. Namun kemungkinan tersebut tidak akan terjadi jika kita tidak berusaha.

Vietnam mampu lolos ke babak final juga bukan suatu hal mudah. Mereka bahkan mampu mengalahkan tim kuat seperti Australia, dan Qatar.

Dalam hidup kita bisa sukses jika selalu berusaha dan keyakinan selalu tertanam untuk berhasil. Oleh sebab itu kita harus berusaha dan selalu berjuang ya!

2. Bangkit dari kekalahan dan pantang menyerah

4 Pelajaran Hidup yang Bisa Ditiru Dari Kisah Heroik Timnas Vietnamfoxsportasia.com

Vietnam bukannya tanpa halangan untuk bisa melaju ke babak final. Di pertandingan pertama mereka justru kalah 1-2 atas Korea Selatan. Seandainya saja Vietnam menyerah dan bermain buruk, kemungkinan mereka akan langsung kalah dan tidak ada kejutan di tahun 2018 ini.

Hal tersebut juga berlaku dalam keseharian kita. Jika kita menyerah dalam 1 kali percobaan, maka kita tidak akan tahu bagaimana senangnya keberhasilan. Karena keberhasilan bisa saja datang di percobaan ketiga, keempat, bahkan seterusnya. Kita hanya tidak boleh menyerah.

3. Tidak minder meski bersanding dengan yang lebih hebat

4 Pelajaran Hidup yang Bisa Ditiru Dari Kisah Heroik Timnas Vietnamvnexpress.net

Vietnam U-23 sejatinya dikelilingi oleh lawan-lawan yang hebat. Di Grup D, di mana Vietnam bergabung dengan tim kuat seperti Korea Selatan,Australia, dan Suriah. Jika Vietnam tidak memiliki mental baja, kemungkinan mereka hanya akan menjadi bulan-bulanan tim yang kuat.

Jika kita memiliki pesaing dan harus bersaing dengan orang kuat, kita harus bisa percaya diri serta yakin akan menang. Kita mungkin belum tahu kelebihan kita secara maksimal. Maka sudah sejatinya tetap berusaha dan yakin meski banyak yang kelihatan lebih hebat dari kita.

4. Percaya bahwa keberuntungan akan ada bila kita siap

4 Pelajaran Hidup yang Bisa Ditiru Dari Kisah Heroik Timnas Vietnamvnexpress.net

Hal yang cukup unik dan ada kesan keberuntungan dalam pentas Vietnam U-23 kali ini adalah mereka 2 kali menang secara adu penalti. Pertama mereka menang atas Irak dan Qatar. Namun menang dalam adu penalti bukan hal yang mudah.

Hal tersebut karena selain harus fit dengan bermain 120 menit pertandingan, juga harus adu strategi untuk memenangkan kompetisi tersebut.

Nah, jangan kamu anggap keberuntungan adalah hal yang sepele. Karena kamu pun harus berjuang keras untuk mendapatkan keberuntungan tersebut. Sehingga yang penting yakinlah dan terus berusaha.

#SemangatBaru: Terbitkan artikel dengan topik motivasi dan inspirasi, dapatkan bonus 100 poin!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search