
Sumber : Liputan 6
Trentekno.com – Instagram kini hadir membawa updatean baru untuk aplikasinya. Aplikasi yang dijadikan tempat untuk saling sharing foto, video dan berbagi banyak momen itu tampak terlihat segar dengan tampilan baru. Instagram tampil dengan membawa ikon baru di dalam updatenya kali ini. Tampilan logo baru yang dibawa Instagram seperti tampak lebih flat.
Aplikasi sosial media yang lain sebelumnya sudah lebih memilih untuk menggunakan logo tampilan yang didesain tampak flat, namun Instagram terbilang masih ingin bertahan dengan logo yang berdesain skeumorphic (mirip dengan obyek di dunia nyata) berbentuk serupa kamera Polaroid, lengkap dengan lensa dan viewfinder.
Tapi akhirnya kini perubahan baru dibawa Instagram yang tampak lebih fresh dengan desain logo flat. Rancangan baru logo Instagram ini memiliki outline berwarna putih dengan latar belakang yang bergradasi dengan paduan warna pink, ungu, dan jingga.
Lan Spalter selaku kepala bagian desain Instagram mengungkapkan apabila logo baru yang kini tampak di Instagram tersebut bermaksud agar aplikasinya terlihat tampak lebih relevan dan modern apalagi di jaman yang seperti saat ini, dimana sudah banyak orang yang menggunakan smartphone untuk mengambil jepretan foto untuk memanfaatkan momen mereka.
Sebagaimana dilansir dari laman FastCodeDesign pada Kamis, 12 Mei 2016 kemarin Spalter menyebutkan bahwa, "bentuknya lebih mirip dengan kamera yang dipakai orang-orang saat ini."
Oleh karena itu logo Instagram ini diberikan desain yang tampak lebih sederhana daripada sebelumnya. Elemen yang ada pada bagian pojok kanan dan atas saat ini sudah tidak lagi berupa jendela bidik kamera, akan tetapi hanya ada bentuk titik kecil yang memiliki warna putih.
Desain tersebut dipadukan oleh adanya lensa berbentuk lingkaran, terdapat titik putih dan lingkaran pada bagian tengah ini sehingga mengingatkan pada kamera dan sensor cahaya yang ada pada smartphone masa kini, dibandingkan dengan lensa dan viewfinder Polaroid model lama.
Oleh karena itu, terlihat bahwa logo baru yang dibawa Instagram pada pembaruannya saat ini seperti melambangkan peralihan profses fotografi pada jaman kamera dimasa jadil dan beralih ke era smartphone seperti saat ini.
Walaupun perubahan desain ini terlihat tampak sederhana namun siapa sangka proses pembuatannya terbilang sangat ribet. Diakui oleh Spalter bahwa ia cukup pusing membuat logo baru Instagram karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Menurut pria yang dlunya juga pernah bekerja di YouTube dan Nike Plus tersebut bahwa satu buah logo ini dapat melambangkan bagaimana identitas dari Instagram, yang merupakan sebuah aplikasi populer dan diklik oleh jutaan orang setiap harinya.
Siapa sangka perubahan logo ini memakan waktu tak kurang dari sembilan bulan lamanya. Pada awalnya, tim desain mencoba untuk menemukan elemen visual yang ada pada logo Instagram lama yang paling diingat oleh para pengguna setianya.
Agar bisa memperoleh hasil yang maksimal, Spalter menghimbau kepada para pegawai Instagram untuk menggambarkan logo Instagram versi lama, dalam 10 detik dengan hanya mengandalkan ingatan saja.
"Ini memberikan petunjuk pada kami mengenai apa yang paling nyantol di benak orang," kata dia.
Ternyata, elemen lensa kamera, bentuk ikon yang persegi membulat di sudut-sudut, serta viewfinder di pojok kanan atas adalah elemen-elemen yang paling banyak diingat. Maka tiga hal inilah yang dijadikan basis logo baru Instagram.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar