Kamis, 12 Mei 2016

Kisah di Balik Perubahan Logo Ikonik Instagram

Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak yang terkejut saat terbangun dari tidur tadi pagi dan mengecek jejaring sosial Instagram. Logo aplikasi itu berubah total. Meski banyak kritik dan kecewa, Instagram memiliki alasan sendiri.

Pengguna global sudah terbiasa dengan ikon khas Instagram yang menyerupai kamera retro warna coklat dengan garis pelangi di bagian ujungnya.

Namun, logo tersebut sudah digantikan dengan ikon baru berwarna ungu, jingga, dan merah muda dengan gaya modern. Logo ini menggambarkan kamera dengan bentuk kotak dinamis, lalu di tengahnya terdapat lingkaran, dan terdapat titik pada bagian kanan atasnya.

Dari blog resmi perusahaan, dinyatakan bahwa komunitas Instagram telah berevolusi selama 5 tahun terakhir. Dari sebatas wadah berbagi foto berfilter sampai menjadi media sosial yang mampu memuat konten video dan berbagi pesan (direct message).

Logo Baru Instagram, Layout, Boomerang dan Hyperlapse

Instagram seakan hendak menjadikan produknya tampil lebih modern dan relevan dengan zaman agar produknya tak sekadar menjadi wadah berbagi video, tetapi lebih dari itu.

"Pengguna global kami sangat berkomitmen terhadap layanan Instagram, ada lebih dari 80 juta foto dan video yang di-share setiap hari," tulis Instagram.

Perusahaan menyambung, "Tampilan yang sudah diperbarui ini mewakili bagaimana energi Instagram dan keragaman kisah yang kalian bagikan."

Sementara dari publikasi di akun resmi @instagram milik perusahaan, dijelaskan bahwa seorang kreator konten merangkap fotografer asal Sao Paulo, Brasil, menjadi salah satu otak di balik desain logo baru Instagram. Pria itu bernama Paulo del Valle.

Instagram mengungkapkan, awalnya 3 tahun lalu Valle memulai proyek My Instagram Logo yang kemudian menginspirasi ribuan kreator untuk mengolah ikon Instagram dengan desain yang kreatif. Perusahaan pun tertarik mengajaknya untuk ikut merancang logo baru.

Melalui akun Instagram-nya, Valle menulis soal keterlibatannya dalam pembuatan logo baru media sosial yang diakuisisi oleh Facebook pada 2012 silam ini.

"Hari ini adalah hari penting untuk Instagram, seiring dengan diumumkannya logo brand dan layout baru. Saya merasa terhormat sudah menjadi bagian dari perubahan ini dan menjadi salah satu orang yang melihat logo baru sebelum diluncurkan," tulis Valle, sekitar 19 jam yang lalu di akunnya @paulodelvalle.

Dok. Paulo del Valle via Instagram.
Sejumlah aplikasi yang dirilis oleh Instagram seperti Boomerang, Layout, dan Hyperlapse juga mengalami perubahan desain logo. Logo ketiganya turut mengandung skema warna 'wajib' tersebut, yakni ungu, jingga, dan merah muda.

(adt/eno)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search