Senin, 03 April 2017

KISAH: John Pemberton, Penemu Coca Cola yang Meninggal dalam Keadaan Miskin

RASANYA hampir tidak ada orang di jagat raya yang tidak mengenal minuman bersoda merk Coca Cola. Cairan hitam dengan berkarbonasi itu dikonsumsi oleh orang-orang di berbagai negara di seantero dunia setiap harinya.

Perusahaan Coca Cola telah menjadi sebuah bisnis global yang memperkerjakan hampir 130 ribu karyawan dan merupakan salah satu perusahaan terbesar dan terkaya di dunia. Tetapi, asal mula berdirinya Coca Cola ternyata tidak semanis nasibnya saat ini.

BERITA REKOMENDASI


Minuman terkenal itu ditemukan oleh John Pemberton, seorang apoteker yang ikut bertempur di Pihak Konfederasi dalam Perang Sipil Amerika. Pada pertempuran Columbus 1865, Pemberton mengalami luka mematikan yang memaksanya menggunakan morfin sebagai penghilang rasa sakit untuk waktu yang lama. Untungnya, Pemberton selamat, tetapi sayang dia segera mengalami ketergantungan yang parah terhadap morfin.

Pemberton mencoba menggunakan keahliannya di bidang obat-obatan untuk menyembuhkan ketergantungannya, dan mulai bereksperimen dengan berbagai jenis tanaman termasuk koka. Pada 1886, setahun setelah Pertempuran Columbus, Pemberton mulai menjual minuman beralkohol yang dinamakan "Anggur Koka Prancis Pemberton" yang diproduksi di apotek pribadinya. Dalam waktu singkat, minuman yang dipromosikan sebagai penghilang rasa sakit, antidepresan, dan aprosidiak itu segera meraih kepopuleran.

Namun, pada 1886, Wilayah Atlanta menerapkan undang-undang kesederhanaan yang melarang warganya untuk memproduksi, membeli atau menjual alkohol. Hal ini sangat mempengaruhi perusahaan Pemberton yang terpaksa mengubah produknya menjadi minuman non-alkohol.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search