Kamis, 05 Januari 2017

Kisah Para Tukang Cukur Langganan Presiden RI

Sudah hampir 12 tahun SBY menggunakan jasa tukang pangkas asal Garut itu. Agus "kenal" dengan Presiden SBY lewat Suripto, pegawai di kantor Sekretariat Negara yang jadi pelanggan setianya. Saat itu Susilo Bambang Yudhoyono baru enam bulan dilantik menjadi Presiden Indonesia. "Waktu itu tukang potong rambut Pak SBY lagi sakit. Pak Suripto lalu merekomendasikan saya kepada Bagian Rumah Tangga Kepresidenan," Agus menuturkan dua pekan lalu.

Suatu sore, Suripto menelepon Agus, yang saat itu masih bekerja di Paxi Barbershop, Plaza Senayan, Jakarta. Dia minta Agus segera berkemas. Tak lama kemudian, ajudan Presiden datang menjemputnya. Saat Agus memasuki satu ruangan di Istana Negara, Presiden SBY sudah duduk di sebuah kursi. Ibu Negara Ani Yudhoyono dan beberapa anggota Paspampres juga berada di dalam ruangan itu. "Sebelum masuk, saya sudah dipesan agar tidak grogi," kata Agus, yang sekarang bekerja di Crownpax Barbershop di Mal Ratu Plaza, Jakarta.

Agus segera mengeluarkan semua peralatan cukur yang ia bawa. Kemudian meminta izin kepada SBY untuk membungkus badannya dengan kain penutup. Seraya meminta maaf, ia memegang kepala SBY. "Saya sih tidak grogi, tapi sempat terdiam mikir model paling baik untuk rambut beliau," kata Agus. Ani Yudhoyono-lah yang jadi "pengarah model" rambut untuk Presiden. "Bu Ani ngarahin bagian belakangnya agak pendek sedikit, bagian sampingnya juga dirapikan." 

Agus hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk merapikan rambut Presiden SBY. Ani Yudhoyono, yang ikut menunggu di ruangan itu, juga tampak puas. "Besok-besok potong model begini lagi," ujar Agus menirukan Ani Yudhoyono. Begitu tiba di rumahnya, semalaman Agus tak bisa memejamkan mata. "Saya tidak membayangkan bisa mencukur Presiden. Soalnya, belum pernah tukang cukur dari Garut bisa megang kepala Presiden."

This article passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.
Recommended article: The Guardian's Summary of Julian Assange's Interview Went Viral and Was Completely False.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search