Sabtu, 18 Maret 2017

Kisah Masa Kecil KH Hasyim Muzadi yang Suka Susu Sapi

Sabtu, 18/03/2017 | 15:57

RILIS.ID, Bojonegoro Mantan Ketua Umum PBNU yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi telah tutup usia pada Kamis (16/3/2017) di Malang, Jawa Timur. Perginya tokoh bangsa itu meninggalkan begitu banyak kisah sepanjang perjalanan hidupnya, termasuk cerita masa kecil kiai tersebut.

Salah satu keluarga Kiai Hasyim, Siti Fatimah (82) yang merupakan warga Kelurahan Ledokkulon, Kabupaten Bojonegoro, sedikit mengisahkan bagaimana masa kecil kiai yang pernah menjadi calon wakil presiden pada tahun 2004 mendampingi Presiden Kelima Megawati Soekarno Putri tersebut.

Baca Juga:

Menurut Siti, Kiai Hasyim sewaktu kecil sulit untuk diajak makan. Ia lebih memilih minum susu daripada makanan yang ditawarkan kepadanya. Karena itu menurutnya, Hasyim kecil tubuhnya terlihat kurus.

"Semasa kecilnya KH Hasyim Muzadi kesukaannya susu sapi," kata Siti di Bojonegoro, Sabtu (18/3/2017).

Saat Kiai Hasyim berumur tujuh tahun, kata Siti, dirinya pernah tinggal bersamanya. Hal itu dilakukan karena orang tua Hasyim meninggal dunia.

"Saya meninggalkan keluarganya di Bangilan karena menikah ketika KH Hasyim Muzadi sudah besar belajar di Ponpes Gontor," ujar Siti yang juga masih keluarga satu kakek dengan Kiai Hasyim tersebut.

Sementara salah satu cucu Siti, Jimy Agus Wahyudi mengungkapkan, Kiai Hasyium sering datang ke Bojonegoro untuk menjenguk neneknya tersebut tanpa diketahui masyarakat. Terakhir kali Kiai Hasyim datang menurutnya, adalah sekira setahun yang lalu.

"Tidak ada masyarakat yang tahu kecuali keluarga," ujar dia.

"Biasanya KH Hasyim Muzadi selalu datang dalam acara reuni keluarga yang datang dari berbagai daerah di Indonesia," lanjutnya.

Penulis Zulhamdi Yahmin
Sumber Antara

Tags:

KH Hasyim MuzadiSuka Susu Sapi PBNU

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search