Rabu, 22 Maret 2017

KISAH: Vincenzo Lunardi, Penantang Maut dari Abad ke-19

VINCENZO Lunardi adalah seorang diplomat dan penerbang perintis kelahiran Naples, Italia. Lunardi sempat bepergian ke Prancis sebelum dipanggil pulang dan diberikan tugas diplomatik. Pada 1780, Lunardi ikut bersama atasannya, Pangeran Caramanico yang ditunjuk sebagai Duta Besar Naples untuk Inggris.

Tidak ada catatan mengenai peran diplomatik Lunardi selama bekerja sebagai Sekretaris Dubes Naples di Inggris. Dia justru lebih dikenal karena catatan kontribusinya untuk dunia penerbangan.

BERITA REKOMENDASI


Saat Lunardi tiba di Inggris, warga di sana sangat tergila-gila dengan ide mengenai terbang. James Tytler, seorang penerbang Inggris menjadi tokoh yang berjasa menyebarkan gagasan luar biasa tentan manusia yang melayang di udara.

Meski terbang menjadi sebuah tren, warga Inggris masih merasa skeptis untuk menggunakan balon yang sudah ditemukan di Prancis setahun sebelumnya. Karena itulah, pada 1784, Lunardi dan rekannya George Biggin memutuskan untuk mendemonstrasikan penerbangan balon hidrogen di Artillery Ground of the Honourable Artillery Company di London.

Di hari dilakukannya demonstrasi, Biggin terlambat datang ke acara dan karena para penonton yang jumlahnya mencapai puluhan ribu mulai tidak sabar, maka Lunardi harus melakukan aksinya sendiri. Dengan ditemani seekor kucing, seekor anjing dan seekor burung dara, Lunardi sukses terbang dari Artillery Ground ke Standon Green End. Dia bahkan sempat berhenti di Welham Green untuk menurunkan kucing yang tampaknya terkena mabuk udara. Untuk memperingati perhentian itu, tempat mendarat balon Lunardi di Welham Green sampai sekarang dinamakan "Balon Corner".

Penerbangan sejauh sekira 38 kilometer itu memuat Lunardi terkenal dan memunculkan inspirasi fesyen baru, yaitu berbalon dengan berbagai benda dihias dengan balon. Aksi itu juga membuat Lunardi dikenal dengan julukan baru: "Penerbang Penantang Maut".

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search