Sabtu, 21 Oktober 2017

Kisah Perempuan Cantik Penyuka Buku, "Sejak Kecil Dikenalkan Buku Import"

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tumbuh dalam lingkungan dosen Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, yang memiliki banyak buku yang beragam, membuat Tri Winindyasari Palupi saat masih anak-anak menyukai buku.

Ayahnya Drs H Soenarto dan Dra Hj Sri Widayati, merupakan dosen Prodi Sejarah di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ULM, membuat Tri yang saat itu belum bisa membaca buku-buku impor koleksi anak-anak Prof Lambut, mendiang Prof Dr Darmansyah, Prof Aziz Saleh, Prof Jonihanto, hanya suka membolak-balik buku-buku yang tak mampu yang ia miliki saat itu.

Selain melihat buku-buku 'kelas berat' , waktu masih sekolah di SD Hippindo Banjarmasin, Tri juga suka membaca majalah anak-anak seperti Bobo, Ananda maupun Donald Bebek dan lain-lain.

"Mulai dulu sampai sekarang, Majalah itu merupakan bacaan 'wajib' buat anak-anak," ungkapnya.

Bertambahnya usia, setelah meneruskan ke SMPN 2 Banjarmasin, bacaannya berubah ke genre remaja seperti Majalah HAI, Gadis dan lain-lain.

"​Majalah tersebut sering dibelikan orang tua dan terkadang beli sendiri dari sisa uang saku," katanya.

Lulus SMP, Tri melanjutkan ke SMA di Kota Malang, Jawa Timur. Namanya, jauh dari orangtua dan kost, jadi pintar-pintar menyisihkan uang yang dikirim dari orang tua.

Supaya menghemat biaya, lanjut perempuan kelahiran Blitar, 18 Januari 1974 ini, selama kuliah di S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Malang, lebih banyak membaca buku di perpustakaan kampus.

"Saat kuliah di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Malang ini lebih banyak membaca buku-buku yang berhubungan dengan studi, di samping membaca koran lokal dan majalah Intisari," katanya.

Baca cerita selanjutnya di Banjarmasin Post

Setelah menjadi dosen dan menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP PGRI Banjarmasin, ebih banyak membaca buku-buku yang berhubungan dengan perkuliahan yang diampunya dan sebagai selingan membaca buku-buku tentang kepemimpinan, motivasi, dan kesehatan.

"Buku pendidikan diperlukan untuk menunjang aktivitas saya sebagai pengajar, sehingga tahu tentang perkembangan keilmuan," katanya.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search