Sabtu, 27 Januari 2018

Kisah Inspiratif Agnes Oryza, Influencer yang Dibully karena Rambut Keriting

Jakarta - Salah satu anggapan dan persepsi yang berkembang di masyarakat adalah wanita cantik itu memiliki rambut lurus dan panjang. Persepsi ini membuat beauty blogger Agnes Oryza kerap kali dibully atau diejek karena dianggap tak menarik dengan rambut keritingnya.

Saat ditemui usai acara peluncuran kampanye #ForEveryFace Clean & Clear (26/1/2018) di Eighty Nine Eatery Kemang, Jakarta Selatan, Agnes mengaku waktu kecil, dia tak bisa berbaur dengan teman dan lingkungan sekitarnya. Standar masyarakat yang menyebutkan bahwa cantik harus putih dan berambut lurus membuat dirinya tersingkir di kehidupan sosial.

"Waktu aku kecil ada yang suka ngejek aku gitu soal rambut. Katanya 'kamu itu nggak bisa masuk geng kita' karena teman-teman aku berambut lurus semua. Sampai pulang sekolah itu aku nangis sering di bully, aku sampai ngelurusin rambut demi bisa membangun percaya diri dan gabung bareng teman-teman," tutur Agnes.

Kisah Inspiratif Agnes Oryza, Influencer yang Dibully karena Rambut KeritingFoto: Anggi/Wolipop, Dok. Instagram

Wanita berusia 26 tahun ini pun akhirnya memutuskan untuk mengubah penampilan dengan meluruskan rambutnya sejak SMP hingga SMA. Rebonding rambut itu pun terus dilakukan olehnya selama enam tahun berturut-turut hingga akhirnya ia merasa lelah.

"Setahun itu aku sampai dua kali mgelurusin rambut. Jadi aku capek karena berusaha ngikutin apa kata orang, itu lelah. Yaudah akhirnya udah deh biarin aku keriting lagi pas mau lulus SMA itu," ujarnya.

Perlahan Agnes mulai percaya diri tampil apa adanya dengan rambut keriting yang dimilikinya. Meski awalnya sulit, namun seiring berjalannya waktu dengan tekad yang kuat, ia bisa mencintai penampilan dirinya sendiri.

"Timbul dari diri sendiri, awalnya susah banget aku keluar pasti dibilang sama orang 'Mbak emang rambutnya kenapa kok gitu', dan itu duh sedih banget kan. Seiring berjalannya waktu bisa jadi diri sendiri, apa yang udah Tuhan kasih yaudah terima aja" terang Agnes.

"Dukungan orangtua, sahabat, terus yang bertentangan sama aku dan mereka yang nggak bisa nerima aku ya nggak usah dengerin lagi lebih baik aku menjauh dari mereka," tambahnya.

Ketika sudah mulai percaya diri, kesukaan Agnes pada dunia makeup pun membuat dirinya mengasah kemampuannya untuk menulis dan mereview beberapa produk kecantikan. Sejak 2009 ia mulai aktif menulis dan sukse menjadi beauty blogger.

"Aku kan sukanya dandan dari SMA, terus banyak yang nanya 'kamu itu pake perawatan kulitnya apa sih' ,yaudah akunulisblogtentangbeauty gitu, jadi kalau mau tau tinggal cek aja,"ucapAgnes yang tinggaldiJakarta ini.

Beauty influencer yang telah memiliki 14 ribu lebih pengikut di akun Instagramnya ini juga membagikan beberapa tips agar bisa tampil menarik dan percaya diri. Salah satunya adalah dengan berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

"Mencari inspirasi gaya atau penampilan di media sosial nggak apa, tapi jangan membandingkan. Berusaha melihat dari sisi positif. Fokus untuk menonjolkan kekuatan dari kelemahan yang dimiliki," ucapnya.

Kini Agnes merasa nyaman dan percaya diri dengan penampilan unik yang dimilikinya. Bahkan rambut keritingnya itu pun mendatangkan manfaat ekonomi. Meskipun begitu, menurutnya masih ada saja beberapa netizen yang mengkritik penampilannya itu.

"Biasanya akun-akun private itu suka komentar atau DM (Direct Message) nyinyirin aku, 'Aduh rambut kayak gitu aja pede banget sih sampai posting foto diri sendiri'. Tapi, dicuekin aja karena mereka nggak bayar tagihan hidup aku ini. Dibiarin aja, karena komentar jelek suka memancing emosi jadi yaudah di delete aja komentarnya," imbuhnya .

(agm/eny)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search