Jumat, 26 Januari 2018

Rilis Film Kisah Cinta Ratu Picu Kerusuhan Besar di India

Kontroversi meluas itu bermula sekitar setahun lalu ketika muncul rumor tentang film yang dibintang oleh aktris Deepika PAdukone, dan disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali, akan memuat adegan percintaan antara seorang ratu Hindu dan penakluk Muslim, Alauddin Khilji.

Meskipun rumor tersebut tidak terbukti, namun massa terlanjur termakan emosi sehingga memicu terjadinya protes dan aksi kekerasan, terutama ketika trailer perdana film tersebut, menunjukkan tokoh Ratu Padmini menari memperlihatkan bagian perutnya.

Kisah asmara yang dirumorkan tersebut dianggap tidak menghormati Padmini, sosok yang dianggap simbol suci bagi kelompok Rajput, yakni salah satu kelompok kasta terbesar yang sangat bangga mengaku sebagai keturunan pasukan kstaria dari wilayah utara India.

"Padmini mengorbankan hidupnya sebagai bentuk perlawanan atas sikap tidak terhormat kepada wanita," ujar Giraraj Singh Lotwada, pimpinan dari kelompok Rajput Sabha yang berbasis di Jaipur.

"Dia sangat dihormati. Kami berdoa kepadanya, menganggapnya sebagai dewi," lanjutnya.

Giraraj menambahkan bahwa dirinya tidak mendukung kekerasan yang mengatas namakan upaya penyetopan film terkait, namun menyebut hal itu sebagai pembalasan terhadap tindakan keras polisi.

Namjun, kebanyakan sejarawan berargumen bahwa sosok Padmini tidak pernah ada. Ia disebut tidak lebih dari mitos yang berkembang menjadi simbol kekuatan bagi kelompok Rajput, yang hidup di sebuah negara dengan agama dan kasta yang masih mengatur bagaimana orang harus bekerja, di mana mereka tingga, dan dengan siapa mereka menikah.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search