Minggu, 17 Juni 2018

Kisah Barna Bangun Chemistry dengan Joe Si Buaya Muara

JAKARTA – Buaya merupakan reptil yang berbahaya dan dianggap menakutkan. Namun ada pula sebagian orang yang suka dan tertarik dengan reptil, seperti ular dan buaya. Seperti halnya Sabarna, ia mulai jatuh cinta dengan reptil, khususnya ular.

Ketertarikan pria yang akrab disapa Barna ini bermula pada tahun 2000. Saat itu, usianya baru 15 tahun dan ia sangat tertarik dengan binatang melata ular. Dan saat ini, ia bekerja sebagai perawat satwa dan kedapatan untuk merawat area buaya di Taman Reptil Taman Mini Indonsia Indah (TMII), Jakarta.

"Karena saya hobi (merawat reptil) plus pekerjaannya pun berhubungan dengan hobi. Jadi merasa nyaman saja meskipun tau resikonya seperti apa tapi saya nyaman," ujar Barna pada Poskotanews.com, Minggu (17/6/2018).

Bukan sekedar sebagai penggemar, Barna pun sempat bergabung dengan sebuah komunitas reptil. Dari sanalah Barna banyakl mendapat pengetahuan tentang cara menangani reptil.

Buaya pengawas

Barna penjaga area buaya di Taman Reptil, TMII. (cw2)

Meski sangat mengenal karakter buaya muara yang dijaganya, namun ia mengelak jika disebut sebagai pawang. Ia lebih suka disebut sebagai perawat reptil karena tugasnya memberi makan dan membersihkan kandang buaya yang diberi nama "Joe" tersebut.

Pria 33 tahun tersebut menambahkan, sehari-harinya sebagai perawat satwa reptil, ia biasa memberikan makan dan membersihkan kandang. Ia mengatakan, ia merupakan perawat satwa bukan pawang hewan. Menurutnya sering kali pengunjung menganggapnya pawang hewan, padahal pawang dan perawat merupakan dua pekerjaan yang berbeda.

Barna menceritakan, jika antara dirinya dan Joe sudah ada keterikatan khusus. "Sebenarnya bukan karena dia tau namanya, tapi karena kita suka interaksi pas kasih makan, ada kode-kode lah istilahnya untuk manggil dia, jadi dia tau. Istilahnya sudah ada chemistry juga lah," kata pria asal Jakarta tersebut sambil terkekeh.

Barna sadar, pekerjaannya penuh resiko. Diakuinya, meski ia dan Joe sudah saling mengenal lama, namun naluri Joe sebagai seekor predator  tidak akan akan hilang. "Jadi harus tetap waspada," ujarnya. (cw2)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search