Selasa, 14 Juni 2016

Kisah Penari Terbaik India Sudha Chandran Melawan Keterbatasan Fisik

TIDAK pernah terlintas dalam benak Sudha Chandran bahwa perjalanan darat bersama kedua orang tuanya akan berakhir tragis. Perempuan asal Mumbai, India itu kehilangan kakinya di usia 18 tahun akibat kecelakaan pada 1981. Kaki Sudha menderita sebuah penyakit hingga harus diamputasi.

Beruntung, perempuan yang senang menari ini tidak menyerah dengan keterbatasan fisiknya. Malahan, Sudha Chandran menjadi seorang penari terkenal di India. Ia juga pernah membintangi sejumlah serial televisi dan film di negeri Bollywood.

Sudha Chandran mengakui bahwa kehilangan kaki kanannya adalah masa terberat dalam hidup. Namun, berkat bantuan kaki palsu, pemegang gelar Master Ekonomi itu tetap bisa memenuhi ambisinya menjadi seorang penari terkenal. Pun begitu, butuh waktu dua tahun sejak kakinya diamputasi hingga kembali ke dunia tari.

Kembalinya Sudha ke dunia tari mendapatkan aplaus meriah dari sejumlah orang. Keputusannya untuk tidak menyerah pada keterbatasan fisik membuahkan sejumlah prestasi. Sudha adalah salah satu penari Bharatnatyam -seni tari tradisional India- terbaik yang pernah dimiliki oleh negaranya.

Karier Sudha menuju kesuksesan dimulai dengan membintangi film berjudul Mayuri yang dibuat sesuai dengan kisah hidupnya. Dia dianugerahi penghargaan dalam ajang Festival Film Nasional India pada 1986 atas perannya sebagai diri sendiri dalam film tersebut. Tercatat, Sudha membintangi 47 serial televisi di India dan memenangi lima penghargaan lainnya dalam dunia pertelevisian.

Gelimang prestasi tak ayal didapatkan Sudha atas perjuangannya. Itu adalah ganjaran yang setimpal atas kerja keras dan semangat pantang menyerahnya melawan keterbatasan fisik. Sudha bisa saja memilih jalan lain dengan mengemis atau meminta belas kasihan orang atas keterbatasan fisiknya. Namun, dia memilih jalan yang membuat namanya harum, setidaknya di India.

Kisah perjuangannya selain diabadikan dalam film, juga diabadikan dalam kurikulum pendidikan di India. Biografi Sudha adalah materi wajib yang diajarkan kepada anak-anak usia delapan hingga 11 tahun di sekolah-sekolah.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search