Minggu, 21 Mei 2017

Kisah Mengharukan Putri Amien Rais Melihat Pengorbanan Sang Bapak untuk Bangsa

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Putri kedua mantan Ketua MPR Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais punya kenangan khusus tentang sepak terjang ayahnya di dunia politik.

Dia pernah meminta kepada ayahnya agar tidak lagi terjun ke dunia politik. Salah satu pertimbangannya, Amien pernah gagal dalam kontestasi di pemilihan presiden (Pilpres) pasca-reformasi.

"Pak, ngapain mikirin bangsa ini, sudahlah berhenti saja, jadi orang selalu gagal. Dulu saya katakan seperti itu," kata Hanum Salsabiela Rais dalam acara "Tribute to Amien Rais" di Jakarta, Sabtu malam (20/5/2017).

Permintaan Hanum itu bukan tanpa alasan. Partai politik yang diprakarsai Amien, Partai Amanat Nasional (PAN) gagal dapat hasil yang menggembirakan pada Pemilu 1999.

Pada Pilpres 2004, Amien yang berpasangan dengan Siswono Yudhohusodo juga mesti rela tersisih pada putaran pertama dari lima pasangan calon yang maju pada saat itu.

Hanum kemudian menganalogikan Amien sebagai dokter yang rela mengabdikan diri untuk menyelamatkan pasien.

"Pak saya ini dokter, dokter gigi. Kalau ada pasien yang sakit parah tak bisa diselamatkan. Kemudian ada seorang dokter yang rela mengulurkan tangannya untuk menolong agar terbebas dari marabahaya. Tapi pasien itu tidak mau ya sudah tinggalkan saja," kata Hanum.

Menurut Hanum, larangan kepada Amien itu sudah dia lontarkan sejak lama. Itu karena beberapa alasan.

Penulis "99 Cahaya di Langit Eropa" dan "Bulan Terbelah di Langit Amerika" itu masih sangat ingat kejadian pada Rabu malam, 20 Mei 1998 ketika ayahnya dikabarkan akan ditangkap Soeharto yang saat itu menjadi Presiden RI.

Saat itu, ayahnya yang sedang berada di Lamongan menelepon ibu Hanum, Kusnasriyati Sri Rahayu yang berada di Jakarta. Dari Lamongan, Amien memberi kabar yang kurang baik.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search