Senin, 05 Juni 2017

KISAH: John Metcalf, Pria Buta Asal Inggris yang Berhasil Membangun Jalan Sepanjang 290 Km

JOHN Metcalf atau yang lebih dikenal dengan nama Blind Jack (Si Buta Jack), merupakan seorang pembuat jalan profesional pertama di Inggris. Ia lahir pada 1717 di Knaresborough dan tumbuh menjadi seseorang yang mengagumkan karena mampu melakukan segala hal dalam kegelapan.

Sebutan 'Blind Jack' disematkan kepada John bukan tanpa alasan melainkan karena ia menderita kebutaan. Namun, Jack diketahui selalu mampu kembali ke rumahnya dengan benar dari setiap sudut Kota Knaresborough. Ketika dewasa, ia kemudian membangun sebuah jalan sepanjang 290 kilometer (km) melewati Yorkshire, Lancashire, dan Derbyshire. Beberapa bagian dari jalan yang dibuat Jack hingga saat ini bahkan masih digunakan.

BERITA REKOMENDASI


Jack pada dasarnya terlahir dalam kondisi normal. Namun, kondisi keluarganya yang sangat miskin membuatnya harus mengalami kebutaan permanen karena tidak ada biaya pengobatan setelah ia menderita infeksi akibat cacar air. Setelah menjadi penyandang disabilitas, Jack kemudian dilatih bermain biola dengan tujuan agar ia bisa mencar nafkah.

Jack baru berusia 15 tahun saat menggantikan Morrison di Queen's Head (penginapan dan restoran) di Harrogate yang telah bermain selama 70 tahun di sana. Kemampuan menakjubkan Jack yang lainnya adalah menjadi pemandu wisata bagi para turis yang mengunjungi daerah tempat tinggalnya.

Di masa mudanya, ia berhasil mendapat banyak uang dengan keahliannya memamerkan tempat-tempat di Yorkshire. Ia juga merupakan seorang pecinta kuda dan mulai menghasilkan uang dengan berbisnis jual-beli kuda. Keterbatasan yang dimiliki Jack bahkan tidak menghalanginya untuk berenang, menyelam, bermain kartu, berkuda dan berburu.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search