Minggu, 30 Juli 2017

Ini Dia Pemenang Lomba Menulis Kisah Buruh Migran Indonesia

KRJOGJA.com, JAKARTA - Karya berjudul Minoritas Tingkat Tiga karya Erin Cipta dari Cilacap Jawa Tengah menjadi Pemenang I Lomba Menulis Kisah Berhikmah Buruh Migran Indonesia (BMI) - Tingkat Internasional. Erin yang pernah bekerja sebagai perawat lansia tahun 2012-2015 di Taiwan ini berhak atas hadiah uang tunai Rp 5 juta, piagam penghargaan dan buku hasil lomba. 

"Lomba yang dibuka  1 April dan ditutup 1 Juli 2017 ini diikuti oleh peserta BMI Formal  maupun BMI Nonformal,  berkisah tentang pengalaman kerja mereka di wilayah  Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Riyadh, Belanda, Dubai, Australia-Amerika dan New Zealand," kata Ketua Pelaksana Lomba Naning Pranoto kepada KRjogja.com, Minggu (30/07/2017).

Menurut Naning Pranoto acara yang diselenggarakan ICLaw ini diikuti bukan hanya oleh BMI yang sedang bekerja di luar negeri, tapi juga BMI yang telah kembali ke tanah air. Kisah berhikmah yang mereka tulis isinya sangat bernas beragam. Selain mengundang haru, menggetarkan jiwa, takjub, mencahaya, komedi dan kisah tentang  buah manis kerja keras. 

Ada juga kisah persaingan sengit, kecemburuan cinta dan sosial. Kerinduan mendalam  pada keluarga yang terbentengi jarak jauh  serta  tragedi  hinaan yang  merendahkan harga diri dan siksaan yang  melukai tubuh. 

"Tulisan para BMI yang memenangi lomba ini bisa dijadikan guru kehidupan yang mengedukasi menjadi manusia jujur, religius, pemicu etos kerja, menumbuhkan toleransi dan kasih sayang. Serta  memahami apa arti  bekerja secara professional untuk keamanan, kenyamanan dan  kesejahteraan jiwa dan raga," ujar Naning Pranoto. 

Ia menambahkan tulisan  para BMI ini juga sangat  bermanfaat  sebagai panduan otentik bagi siapa saja yang ingin bekerja di Luar Negeri sebagai BMI Formal (bekerja di perusahaan/lembaga) maupun BMI Nonformal (bekerja di  lingkup domestik/rumah-tangga).

Lomba yang digagas oleh Yeni Fatmawati Fahmi Idris, Managing Partner  ICLaw selaku  pemrakarsa lomba bertujuan menumbuhkan minat menulis  dan menyuburkan perkembangan gerakan literasi bagi BMI di mana pun berada. Dewan Juri yang diketuai Naning Pranoto dengan anggota Adri Darmaji Woko, Didien Pradoto, Shinta Miranda, Yeni Fatmawati dan Yeni Mulati Achmad (Afifa Afra) memutuskan karya tulis yang menjadi pemenang sebagai berikut:

Pemenang 1 – Judul  Minoritas Pangkat Tiga  karya Erin Cipta, Cilacap Jawa Tengah. Ia pernah bekerja sebagai perawat lansia di Taiwan tahun 2012 – 2015. Ia berhak mendapat Hadiah Uang Tunai Rp 5.000.000,00, Piagam Penghargaan ICLaw Golden Pen Award dan Buku Hasil Lomba.

Pemenang 2 – Judul  Habis Gelap Terbitlah Terang Bagi BMI di Negeri Ginseng karya  Hasan Sanusi. Saat ini ia bekerja  dan kuliah di UT Korea Selatan,  bermukim  di Daegu Korea Selatan hingga Oktober 2018, sesuai dengan kontrak kerjanya.  Ia berhak mendapat Uang Tunai Rp 3.500.000,00, Piagam Penghargaan ICLaw Golden Pen Award dan Buku Hasil Lomba.

Pemenang 3 – Judul Kisah Tentang Meramu Kepercayaan karya Etik Purwani, Blitar Jawa Timur. Ia pernah bekerja di Singapura dan Hong Kong. Atas kemenangan karyanya  berhak mendapat Hadiah Uang Tunai Rp 2.500.000,00, Piagam Penghargaan ICLaw Golden Pen Award dan Buku Hasil Lomba.

Karya tulis yang terpilih sebagai 22 Karya Unggulan, masing-masing mendapat Piagam Penghargaan ICLaw Golden Pen Award dan Buku Hasil Lomba. Pengumuman lengkap dapat diakses di www.rayakultura.net. (Apw)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search