Sabtu, 29 Juli 2017

Kisah Polsek di Wilayah Terpencil Kabupaten Bandung yang Sukses Merenovasi 30 Rumah ...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ragil Wisnu Saputra

TRIBUNJABAR.CI.ID, IBUN - Tugas anggota Polri tak hanya mengungkap kejahatan. Terpenting, slogan 3M (Melindungi, Mengayomi dan Melayani) masyarakat itu yang harus diprioritaskan.

Untuk menjalankan slogan 3M itu, Polsek Ibun, Kabupaten Bandung terus berkomunikasi dan membantu masyarakat. Polsek Ibun ini berada di wilayah yang cukup terpencil di Kabupaten Bandung.

Polsek Ibun saat ini telah memiliki Program Kencleng Jumat (PKJ). Program sejak setahun lalu ini fokus di bidang sosial. Program ini tak lepas dari sosok Kapolsek Ibun, Iptu Asep Dedi. Asep-lah yang awalnya mengajak jajarannya membuat program tersebut.

Baca: Curhat Istri Dipoligami: Rasanya Mau Ku-smack Down Suamiku, Tapi Aku Ingin Dicintai Allah

Dalam PKJ ini seluruh anggota Polsek Ibun diminta membiasakan diri "mengencleng" uang seikhlasnya. Setiap hari Jumat, seorang anggota ditugasi menenteng kencleng dan menemui para anggota Polsek Ibun yang ingin berbagi rupiah.

Uang yang terkumpul kemudian dihitung dan dimasukkan ke kas Polsek Ibun. Selanjutnya uang yang disalurkan untuk membantu masalah sosial, seperti bantuan renovasi rumah tidak layak huni (rutilahu) di wilayah hukum Polsek Ibun.

Awalnya, program yang dibuat Polsek Ibun ini difokuskan untuk menyantuni anak yatim yang ada di 13 desa di Kecamatan Ibun. Kegiatan menyantuni anak yatim tersebut dilakukan usai Salat Jumat.

"Awalnya 'Jumat Berbagi'. Tapi saat Idul Adha tahun 2016, kami memberikan bantuan daging dan uang alakadarnya kepada warga yang membutuhkan, dari situlah kami ubah programnya," ujar Iptu Asep Dedi kepada Tribun Jabar di Mapolsek Ibun, Jumat (28/7).

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search