Selasa, 03 Oktober 2017

Pria Inggris Temukan Koin Langka Senilai Rp3,6 Miliar di Ladang

Kisah unik seorang pria asal Inggris menemukan koin langka dari Romawi.

Solopos.com, SOLO – Sejarawan amatir Mike Smale menemukan koin kuno senilai 200.000 poundsterling atau setara Rp3,6 miliar. Koin itu ditemukan saat berburu harta karun dengan teman-teman dari klub Southern Detectorists.

"Ini merupakan penemuan besar. Sangat menyenangkan dan saya bertahan dengan itu," ujar Mike, dari Plymouth, Devon seperti dikutip Okezone dari Metro.co.uk, Senin (2/10/2017).

Koin 600 dinar langka ditemukan di ladang di Bridport. Koin langka tersebut dicetak pada pemerintah Romawi kuno Mark Anthony yang berumur pendek saat ia bersekutu dengan Cleopatra.

Sean MacDonald mengorganisir pemburu deteksi logam. Ia berkata Bridport merupakan area pecahan, area itu sangat kaya akan sejarah, tapi temuan seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

"Saya gembira dan gemetar karena ini merupakan penemuan sekali seumur hidup. Para arkeolog yang menggali itu tak percaya apa yang mereka lihat karena koin-koin ini sangat langka," kata pria 47 tahun itu.

Pakar koin Dominic Chorney mengatakan, "koin seperti ini sangat menarik, dan sangat penting dalam menyoroti sejarah Romawi Inggris. Koin Republican dan orang-orang Antonius dikeluarkan sebelum invasi Romawi ke Inggris pada 43 M dan ia [koin] hanyut di kantong tentara Romawi dan warga negara".

Deteksi logam menjadi lebih populer setelah sitkom BBC Detectorist kali pertama ditayangkan pada 2014, yang menampilkan Mackenzie Crook dan Toby Jones mencari harta karun di Essex.

lowogan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SUKOHARJO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search