Selasa, 17 Oktober 2017

Merinding ! Kisah Iptu Candra Tembus Hutan Seberangi Sungai untuk Gendong Warga Suku ...

TRIBUNJOGJA.com, LUWUK - Kisah pengorbanan Kapolsek Bunta Iptu Candra langsung menyita perhatian warganet, setelah foto- fotonya diunggah ke media sosial oleh akun Rendy Languju pada Senin (16/10/2017) kemarin.

Bagaimana tidak, deretan dokumentasi itu memperlihatkan dengan jelas bagaimana perjuangan tak kenal lelah yang sudah ia lakukan.

Iptu Candra menggunakan peralatan sederhana untuk mengendong warga
Iptu Candra menggunakan peralatan sederhana untuk mengendong warga (Facebook / Rendy Languju)

Berdasarkan keterangan yang dilampirkan dalam unggahan tersebut, diketahui Iptu Candra baru saja mengevakuasi seorang warga dari suku terasing di Desa Doda, Kecamatan Bunta, Kabupaten Luwuk.

Medan yang berat, sesekali ia harus menyeberangi sungai
Medan yang berat, sesekali ia harus menyeberangi sungai (Facebook / Rendy Languju)

Warga tersebut menderita luka bakar di kakinya dan tidak mendapatkan perawatan medis selama tujuh bulan. Ini mengakibatkan lukanya kian parah bahkan hingga membusuk dan menembus tulang.

Peralatan sederhana yang terbuat dari bambu diikatkan ke punggung untuk menggendong warga yang dievakuasi
Peralatan sederhana yang terbuat dari bambu diikatkan ke punggung untuk menggendong warga yang dievakuasi (facebook / Rendy Languju)

Iptu Candra kemudian mengevakuasi warga tersebut dengan menggunakan peralatan seadanya yang diikat ke punggung untuk menggendong pria tersebut.

Medannya cukup berat, hingga sesekali harus menanjak ke pegunungan
Medannya cukup berat, hingga sesekali harus menanjak ke pegunungan (Facebook / Rendy Languju)

Perjalanannya tidak mudah lantaran ia harus berjalan kaki sejauh lima kilometer dengan menyeberangi sungai, melewati gunung bahkan menembus hutan.

Perlatan sederhana berbahan bambu inilah yang digunakan Iptu Candra untuk menggendong warga
Perlatan sederhana berbahan bambu inilah yang digunakan Iptu Candra untuk menggendong warga (Facebook / Rendy Languju)

Ini dilakukannya demi mengantarkan warga tersebut ke Puskesmas sehingga mendapatkan perawatan medis.

"Kapolsek Bunta Iptu Candra sedang mengevakuasi seorang masyarakat desa Doda Kec. Bunta Kab. LUWUK ( Suku Terasing ) yang menderita luka bakar dikakinya sudah membusuk dan menembus tulang sdh sekitar 7 bulan tanpa perawatan medis......dengan rasa kemanusiaan Iptu Candra tak kenal lelah melakukan evakuasi dengan peralatan yg apa adanya dan sangat tradisional dengan jarak sekitar 5 km....melewati gunung, menyeberangi sungai dan hutan hanya untuk menolong seseorang yg tidak dikenalnya untuk dibawa dan dirawat secara medis diPuskesmas ... salut buat Kapolsek Bunta Iptu Candra ... Tuhan memberkatimu" demikian keterangan lengkap yang dituliskan dalam unggahan tersebut.

Menyeberangi sungai sambil membawa beban berat
Menyeberangi sungai sambil membawa beban berat (Facebook / Rendy Languju)

Hingga Selasa (17/10/2017) ini, unggahan tersebut sudah dibagikan ulang lebih dari 700 kali dan dibanjiri lebih dari 600 komentar yang sebagian besar mengapresiasi pengorbanan Iptu Candra.

Akhirnya warga yang mengalami luka ini pun berhasil sampai ke Puskesmas
Akhirnya warga yang mengalami luka ini pun berhasil sampai ke Puskesmas (Facebook / Rendy Languju)

Bagaimana komentar warganet?

Suitha Jensui Mamangkey : Hebat pak Kapolsek, ternyata masih ada petugas yg punya hati baik dan berprikemanusiaan, Tuhan Yesus memberkatimu trus pak baik dlm tugas negara, pribadi dan keluarga smpai keturunanmu.

Evakuasi warga
Evakuasi warga (Facebook / Rendy Languju)

Astin Aldy : Amin ya robbalamin semoga Allah swt membalas kebaikan nya dan semoga di berikan kesehatan kelancaran rezeki nya umur panjang dan di mudahkan segala urusan nya Amin

Jelly Pieter : MANTAP...Sukses sllu, smoga Tuhan melindungi dan menyertaimu di setiap tugas kerja dan pelayananmu melayani masyarakat...Gbu n fam.

Nancy R Lengkong : Diberkati Bpk2 Polisi yg sudah membantu dgn sepenuh hati ...

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search