Selasa, 30 Januari 2018

Kisah Sukses Olly Datangkan 120 Wisatawan Cina, Cerita Jengis Khan, Lumba-Lumba, sampai ...

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUN MANADO.CO.ID, MANADO - Pariwisata Sulawesi Utara berkembang pesat di bawah pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey-Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Ada kisah dibaliknya hingga tahun lalu 120 ribu wisatawan cina datang berkunjung ke Bumi Nyiur Melambai.

Olly mengisahkan para turis Tiongkok datang diawali upaya Pemprov Sulut mengirim 50 orang belajar bahasa cina langsung di Negeri Tirai Bambu. Gubernur berpendapat dengan bahasa Cina, bisa berkomunikasi langsung dengan baik

Setelah komunikasi yang intens, akhirnya turis cina kloter pertama yang merupakan seorang investor datang ke Sulut "Mereka (turis) cukup antusias rupanya," ujarnya.

Keberhasilan mendatangkan turis cina sebenanrya bukan juga kerja keras tapi karena komunikasi dan lobi-lobi. Mereka antusias datang.

Sampai Februari full booked oleh wisatawan cina. Satu tanda mulai booming investor cina. Investasi itu ada , jika melihat sudah ada peluangnya.

Datang sebagai turis lu investasi. Kenapa banyak cina datang ke Manado. Gubernur tidak kerja keras.

Yang pertama didekati yakni Duta Besar Cina. Ketemu Dubes, Olly mengisahkan ada benang merah keturunan Cina dan Minahasa. "Jadi saya ceritakan nenek moyang orang Minahasa itu berasal dari Cina," kata Olly belum lama ini di Kantor Gubernur.

Kisah berdasarkan rumor itu bahkan dibumbui Olly dengan penguasa masa lampau di negeri Cina Jengis Khan"Betul atau tidak, kita jual kecap dulu," ujar Olly bercanda direspon tawa para hadirin yang mendengar kisah Olly.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search