Jumat, 15 Juni 2018

4 Kisah Jurnalistik Yang Diangkat Menjadi Film

www.antvklik.com - Mungkin kamu masih belum menyadari kekuatan dan peran penting dari seorang jurnalis. Namun pernahkah kamu mendengar pribahasa, "kata adalah senjata"? Pribahasa ini adalah hal yang harus kamu camkan, dengan bermain kata-kata kamu bisa juga merubah segalanya.

Jurnalis sebagai orang yang paling dekat dengan pribahasa ini mengemasnya dalam berbagai media baik tulisan, vidio, dan foto. Tak sedikit kisah mereka mengundang ketertarikan dan menciptakan dampak besar dalam proses berlangsungnya hidup. Berikut, daftar 4 kisah jurnalistik yang diangkat menjadi film.

1. Jakarta Undercover

source : youtube.com

Diadaptasi dari sebuah kisah nyata film ini menceritakan seorang jurnalis yang tak sengaja tercebur dalam dunia "bawah tanah Jakarta", dimana prostitusi, narkotika, dan kekerasan adalah makanan sehari-hari. Dunia prostitusi dan narkotika yang digmbarkan juga bukan yang cetek melainkan bagi kalangan borjuis, kalangan orang kaya sampai dengan pejabat.

Berawal dari sebuah tulisan dan dijadikan sebuah novel, kisah ini sempat membuat geger DPR. Terang saja, karena dalam kisahnya seorang aggota DPR turut terlibat. Dalam film yang disutradarai oleh Fajar Nugros ini, menggambarkan bagaimana dilema seorang jurnalis investigasi, Pras (Oka Antara) untuk melaporkan atau menahan berita tersebut.

2. Spotlight

4 Kisah Jurnalistik Yang Diangkat Menjadi Film source : youtube.com

Mungkin bagi kalian yang memiliki ketertarikan dalam bidang jurnalistik ataupun yang memiliki ikatan dengan dunia liput meliput itu sudah tidak asing dengan film ini. Tepat pada 2015 lalu film yang berawal dari kisahnyata ini berhasil mendapat "Academy Award for Best Original Screenplay", "Academy Award for Best Picture, dan masih ada lainnya."

Film ini juga kerap kali diberikan dan diputarkan untuk para calon jurnalis yang tengah berkuliah. Dalam kisahnya, spotlight menceritakan sekumpulan jurnalis yang mendapatkan isu soal pelecehan seksual  yang dilakukan oleh pastur di sebuah daerah. Berawal dari isu tersebut mereka terus menggali fakta dan menciptakan sebuah perubahan cukup besar.

3. The Bang Bang Club

4 Kisah Jurnalistik Yang Diangkat Menjadi Filmsource : youtube.com

Foto merupakan hal yang menyenangkan apa lagi bagi yang sudah ahli dalam bidang tersebut, namun bagaimana jika pengambilan foto yang dilakukan memerlukan nyawa serta dilema. The Bang Bang Club menceritakan seorang fotografer kelas dunia bernama Kevin Carter (Taylor Kitsch).

Kevin bersama teman-temannya mendapatkan tugas untuk mengambil foto di Afrika Selatan, yang mana saat itu adalah masa-masa brutal periode Apretheid 1990-1994. Kevin mengalami dilema dimana ia melihat banyak orang kelaparan dan kejadian tragis namun ia harus mengambil gambarnya. Sempat merasa tenang karena fotonya berhasil mengubah sudut pandang dunia namun ia kembali depresi dan akhirnya bunuh diri.

4. Shattered Glass

4 Kisah Jurnalistik Yang Diangkat Menjadi Filmsource : youtube.com

Berbeda dengan cerita jurnalis lainnya, Shattered glass menceritakan seorang jurnalis yang mengarang sebuah cerita palsu. Stephen Glass (Hayden Chritensen) ia membuat berita palsu tentang seorang hacker profesional yang katanya mampu membobol sebuah perusahaan software ternama.

Cerita ini tentunya menggugah wartawan dari perusahaan media lain dan ketika ia ditanyai soal kejadian tersebut selalu ada kisah baru yang muncul. Sampai akhirnya sang redaktur ikut turun tangan untuk membelanya namun ternyata sang redaktur mendapatkan jawaban bahwa kisah yang diciptakan Stephen itu hanyalah karangan semata.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search