Sabtu, 11 Juni 2016

Kisah Jimmy Siahaan yang Miliki Ribuan Barang Antik

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Hendrik Fernandes

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Barang antik memiliki karisma tersendiri bagi para kolektor. Seperti halnya Jimmy Lassang Manahara Siahaan. Pria kelahiran Aceh 31 Mei 1953 ini mengaku mengoleksi benda antik sejak usia remaja.

Ditemui www.tribun-medan.com di kediamannya jalan Suprapto nomor 11 Medan, Sabtu (11/6/2016). Jimmy Lassang Manahara Siahaan bercerita mengenai awal mula kecintaannya terhadap benda antik.

"Pada awalnya saya mengoleksi mainan unik. Saat itu usia saya masih belasan tahun. Saya melihat unik itu dari bentuknya, harus berbeda dari benda lain. Dan kebiasaan itu terus berlanjut hingga saya kuliah arsitektur di ITB tahun 1970'an. Di bandung saya mulai koleksi benda-benda mebel yang unik dan bersejarah. Benda pertama itu sebuah kursi yang sampai sekarang masih saya simpan," tutur Jimmy Lassang Manahara Siahaan.

Dirinya juga mengakui tidak sedikit teman-temannya yang menganggap hobinya itu aneh.

"Teman-teman sering bilang untuk apa barang-barang tua itu dikumpulin, kan ada yang baru. Saya langsung jawab kalau barang lama ini berbeda dari barang baru. Mereka punya seni yang tidak ternilai. Dan di tahun 1980'an saya termasuk sepuluh besar kolektor barang antik terbanyak di Pulau Jawa," katanya bangga.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan dana hobinya ini. Tidak jarang Jimmy menjual benda antiknya untuk dapat membeli benda antik yang lebih bernilai.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search