Selasa, 14 Juni 2016

Kisah Karl Landsteiner Yang di Google Doodle Hari Ini

Google Doodle Hari Ini, 14 Juni 2016, peringati hari lahir Karl Landsteiner di ke-148Google Doodle Hari Ini, 14 Juni 2016, peringati hari lahir Karl Landsteiner di ke-148

Hargatop.com – Google Doodle hari ini, Selasa 14 Juni 2016, mengisahkan seorang ahli biologi bernama Karl Landsteiner. Selain sebagai ahli Biologi, Landsteiner juga berprofesi sebagai seorang dokter.

Dia pula yang mengembangkan sistem klasifikasi modern golongan darah pada tahun 1900. Jika anda mengenal sekarang ada golongan darah yang terdiri dari empat kelompok yakni tipe O, A, AB, dan B, maka Karl Landsteiner lah penemunya pada tahun 1901.

Berkat mengenal tipe golongan darah, seseorang bisa melakukan transfusi darah tanpa takut salah. Hal ini sangat membantu dunia kedokteran untuk menyelamatkan seseorang.

Berasal dari Austria, Landsteiner pernah sekolah di University Of Vienna, Austria, mengambil jurusan kedokteran. Kepintarannya mampu membuatnya berprestasi tinggi. Salah satunya hasilnya adalah sebuah esai tentang pengaruh diet pada komposisi darah.

Karl Landsteiner, penemu golongan darah dan dikenal sebagau bapak Transfusi DarahKarl Landsteiner, penemu golongan darah dan dikenal sebagau bapak Transfusi Darah.

Untuk menambah pengetahuan dan pengalamannya, selepas kuliah 5 tahun berikutnya Landsteiner masih bekerja di 3 lab sekaligus yakni E. Bamberger di Jerman., Laboratorium Hantzsch di Swiss, dan Emil Fischer.

Masih belum puas, ketika kembali ke tanah kelahirannya, Landsteiner menambah pengetahuan lagi dengan melanjutkan pendidikan di kedokteran di Vienna General Hospital, Austria.

Saat itulah dia menemukan teori penggolongan darah. Uji coba pun dilakukan untuk menguji teori tersebut bahwa transfusi darah bisa dilakukan antar manusia tanpa merusak sel tubuh orang tersebut.

Hasil pada tahun 1901, tipe golongan darah lahir. Akibat dari jasanya ini Karl Landsteiner diberi penghargaan paling bergengsi di dunia yakni yang disebut 'Hadiah Nobel' dibidang Fisiologi atau Kedokteran.

Karl Landsteiner akhirnya dikenal sebagai Bapak Transfusi Kedokteran. Dia lahir di Vienna, 14 Juni 1868, dan meninggal pada 26 Juni 1943. Atas jasanya Google Doodle hari ini, (14/6), memperingati hari lahir Karl Landsteiner ke-148.

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search