Sabtu, 08 April 2017

KISAH: Pastor yang Tetap di Kapal Titanic saat Tenggelam di Lautan Es

KISAH tenggelamnya kapal Titanic di Samudera Atlantik selalu menarik untuk dibahas. Jika Anda pernah menonton film 'Titanic' besutan sutradara James Cameron, ada sebuah adegan di mana seorang pendeta yang dikerumuni oleh orang-orang saat kapal hendak tenggelam.

Film tersebut kabarnya adalah adaptasi berdasarkan kisah nyata. Memang benar ada seorang pemuka agama di atas kapal tersebut. Namanya adalah Pastor Thomas Byles asal Leeds, Inggris. Serupa dengan kisah pendeta di film tersebut, pria kelahiran 26 Februari 1870 itu juga tewas dalam kecelakaan tersebut.

BERITA REKOMENDASI


Terlahir dengan nama Roussel Davids Byles, Thomas adalah anak tertua dari tujuh bersaudara pasangan Pendeta Alfred Holden Byles dan istrinya. Ia menempuh pendidikan di Leamington College and Rossall School di Fleetwood, Lanchashire pada 1889. Ia begitu tertarik pada bidang matematika, sejarah modern, dan teologi.

Pembelajaran teologi di Balliol College, Oxford, membuatnya tertarik pada ajaran iman Katolik. Roussel Davids Byles kemudian dibaptis sebagai seorang Katolik pada 23 Mei 1894 di Gereja Santo Aloysius, Oxford, dan diberi nama baptis Thomas.

Pada 1899, ia meninggalkan Inggris menuju Roma, Italia, untuk menempuh pendidikan sebagai seorang pastor. Ia kemudian dibaptis sebagai seorang pastor pada 15 Juni 1902. Pastor Thomas Byles menetap serta bertugas di Roma selama beberapa bulan sebelum kembali ke Inggris pada 1903 dan ditugaskan di Gereja Santa Helen di Essex. 

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search