Selasa, 28 Juni 2016

Kisah Dramatis Sayap Pesawat Singapore Airlines (SIA) Terbakar Saat Terbang

Penumpang pesawat Singapore Airlines (SIA) dengan nomor penerbangan SQ368 mengalami drama menegangkan, kemarin. Ini lantaran saat terbang mendadak sayap pesawat terbakar. Bagaimana kisahnya?

—-

indopos.co.id – Pesawat Singapore Airlines (SIA) jenis Boeing 777-300 ER itu seharusnya menuju Milan, Italia. Namun, karena pilot merasa ada masalah, mereka balik kucing dan mendarat darurat di Changi, Singapura. Begitu menyentuh landasan, pesawat terbakar. Tidak seluruhnya, melainkan bagian sayap sebelah kanan.

Pesawat berisi 222 penumpang dan 19 kru tersebut semestinya take off pada pukul 02.05 waktu setempat. Tetapi, setelah sekitar satu jam 45 menit di udara, bau gas mulai tercium. Pilot mengumumkan, tampaknya ada kebocoran minyak. Dia pun memutuskan untuk putar balik. Ketika itu, para penumpang tetap tenang. Beberapa bahkan kembali tidur. Pesawat mendarat di Changi pada pukul 06.50 waktu setempat.

''Setelah mencapai Bandara Changi, ketika pesawat mendarat, mesinnya tiba-tiba terbakar!!! Api yang sangat besar menyala-nyala,'' tulis salah seorang pengguna Facebook, Lee Bee Yee.

Dia rupanya ikut dalam penerbangan itu lantaran juga mengunggah video detik-detik terbakarnya sayap SQ368 tersebut. Jika dilihat dari video itu, tampaknya Lee duduk di kursi dekat jendela yang lokasiya cukup dekat dengan area terbakarnya sayap pesawat.

Para pemadam kebakaran membutuhkan waktu hingga 10 menit untuk benar-benar memadamkan api. Saat pemadaman, penumpang tetap berada di dalam pesawat. Asap hitam tampak mengepul dari sayap pesawat yang terbakar.

Begitu api benar-benar dipadamkan, yang tersisa adalah bagian sayap yang meleleh dan menghitam. Lee dan para penumpang lain yang sebelumnya tenang langsung panik saat keluar dari pesawat.

Mereka ternyata tidak tahu begitu dekat dengan maut. ''Terima kasih Tuhan. Saya masih hidup! Saya akan pulang dan memeluk anak-anak saya,'' tulis Lee. Para penumpang itu akhirnya dialihkan ke pesawat lain untuk melanjutkan penerbangan pada pukul 10.30.

Para pengamat menilai, pilot yang mengoperasikan pesawat tersebut sudah mengikuti prosedur dengan tepat. Dia putar balik ketika mendeteksi ada masalah. Sepanjang perjalanan, si pilot membuang bahan bakar pesawat untuk menghindari membesarnya api jika terjadi kebakaran.

Dia berhasil mendaratkan pesawat dengan aman. Pihak maskapai menyatakan akan bekerja sama dengan otoritas setempat untuk menyelidiki kejadian tersebut.

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong berterima kasih kepada pihak Bandara Changi dan maskapai SIA karena sigap mengatasi masalah. ''Melegakan mengetahui semua orang di dalam pesawat selamat,'' tulis Lee di akun Facebook-nya. (AFP/Reuters/BBC/c14/sha)

Berita Terkait:

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search