Selasa, 05 Desember 2017

Kisah Juventus dari Italia dan Juventus asal Rumania

Turin - Klub Italia Juventus harus menempuh langkah hukum agar sebuah klub Rumania mengubah nama dan logo klubnya. Kenapa? Karena sangat identik dengan Bianconeri.

Juventus Bucharest, demikian nama klub Rumania tersebut. Bukan cuma perkara nama, klub yang didirikan tahun 1992 itu pun punya logo klub yang mirip La Vecchia Signora.

Hal itulah yang membuat Juventus (dari Italia) melayangkan gugatan hukum atas pelanggaran hak cipta. Juventus (asal Rumania) pun harus mengubah nama dan logonya.

"Sebelum Perang Dunia sudah ada sebuah tim bernama Juventus Bucharest tapi yang itu kemudian lenyap dan kemudian ada pihak lain yang mengambil nama tersebut," kata Emanuel Rosu, pakar sepakbola Rumania, kepada Football Italia.

"Saya pikir takkan ada yang akan mengeluh karena Juve Bucharest hanyalah sebuah klub lokal yang kecil dengan tidak banyak penggemarnya. Reaksi di Rumania... biasa-biasa saja. Tak ada yang melihat hal ini dengan sengit karena Juventus (Bucharest) bukan klub dengan barisan penggemar besar."

"Mereka bisa promosi saja sudah jadi kejutan karena pencapaian itu di luar dugaan untuk sebuah klub kecil. Mereka berikutnya akan disebut dengan nama FC Colentina," tutur Rosu.


Musim ini Juventus Bucharest mulai bermain di liga teratas Rumania setelah berhasil meraih tiket promosi. Hal ini diduga menjadi penyebab Bianconeri menyadari ada sebuah klub lain dengan kesamaan nama dan, secara khusus, logo.

"Sebelumnya ini tak jadi perkara. Mungkin hal itu mulai jadi ganjalan setelah mereka tampil di liga teratas," ujar Rosu.

(krs/fem)

Let's block ads! (Why?)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming Search